PENINGKATAN SIKAP EMPATI SISWA MELALUI METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR

ALYA PUTRI AZARA, . (2024) PENINGKATAN SIKAP EMPATI SISWA MELALUI METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN (26)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap empati dalam aspek empati pada peserta didik kelas V SDN Pondok Bambu 01 menggunakan metode think pair share. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Peneltiian ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi Sebagian besar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan dalam kecerdasan interpersonal siswa pada aspek empati yaitu siklus I peserrta didik yang tuntas 54,6% dan siklus II mencapai 80,5%%. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal pada aspek empati peserta didik dapat ditingkatkan melalui metode think pair share. ***** This classroom action research aims to upgrade the empathy of fifth grade students of SDN Pondok Bambu 01 using the think pair and share method. The subjects of this study were fifth grade students in second semester of the 2023/2024 school year. This research was carried out in 2 cycles through the stages of planning, implementing actions, observing, and reflecting as part of re-planning in the next cycles. The results of the research obtained are an increase in upgrade the interpersonal intelligence basic on empathy of students, namely cycle I 54,6% of students who are completed and cycle II reaches 80,5%. These results indicate that the interpersonal intelligence basic on empathy of students can be trained by think pair share method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1).Drs. Julius Sagita, M.Pd.; 2).Dr. Linda Zakiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23051 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 00:28
Last Modified: 26 Aug 2024 00:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50560

Actions (login required)

View Item View Item