NADYA INDAH WULANDARI, . (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN DUKUNGAN ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (334kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, dukungan orang tua memoderasi pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, dan dukungan orang tua memoderasi pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMK jurusan akuntansi di Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SMKN 10, SMKN 40, dan SMKN 48. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi berasal dari siswa/siswi SMK Negeri jurusan akuntansi di Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 168 responden. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner yang diolah dengan SPSS dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, fasilitas belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, dukungan orang tua memperkuat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, dukungan orang tua tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya yaitu: bisa menggali lagi faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar, memperluas wilayah pengambilan data sehingga dapat ditemukan hal-hal baru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Fasilitas Belajar, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar. ***** The purpose of this study was to determine whether learning discipline affects learning achievement, learning facilities affect learning achievement, parental support moderates the effect of learning discipline on learning achievement, and parental support moderates the effect of learning facilities on learning achievement in Vocational High School (VHS) students majoring in accounting in East Jakarta. The study was conducted at 10 VHS, 40 VHS, and 48 VHS. This study uses quantitative research with a survey method. The population comes from Vocational High School students majoring in accounting in East Jakarta. The sampling technique used in this study was simple random sampling. The number of samples was 168 respondents. The data collection technique used was a questionnaire processed with SPSS and documentation. The results showed that learning discipline had an effect on learning achievement, learning facilities did not have an effect on learning achievement, parental support strengthened the effect of learning discipline on learning achievement, parental support did not strengthen or weaken the effect of learning discipline on learning achievement. Recommendations for further research are: can explore other factors that influence learning achievement, expand the data collection area so that new things can be discovered that can influence learning achievement. Keywords: Learning Discipline, Learning Facilities, Parental Support, Learning Achievement.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ati Sumiati, M.M. ; 2). Dwi Kismayanti Respati, M.Ak. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 24152 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:34 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50612 |
Actions (login required)
View Item |