SYIFA FAUZIAH, . (2024) SURVEI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL BIDANG PEMASARAN DIGITAL BAGI KOMUNITAS RESELLER PENJUAL SOFTWARE (PHIRESS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (424kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi informasi merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari pada era digital. Literasi digital menjadi keterampilan penting yang mendukung pemenuhan kebutuhan belajar sepanjang hayat. Salah satu profesi yang berkembang dalam era digital adalah reseller, yang semakin mengandalkan penjualan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi digital reseller, terutama dalam pemanfaatan media sosial dalam pemasaran digital. Dengan fokus pada komunitas reseller Phiress, dengan harapan memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan literasi digital, dan peningkatan kinerja penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei online dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tertutup menggunakan skala likert yang melibatkan 80 sampel responden dengan karakteristik usia 96,25% remaja dan 3,75% dewasa, serta jenis kelamin yang terdiri dari 97,5% perempuan dan 2,5% laki-laki. mayoritas menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap literasi digital pemasaran, dengan persentase keseluruhan sebesar 87.25%. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam kemampuan literasi digital tiap indikator, dengan interaktivitas menjadi aspek yang paling dominan mendapatkan persentase tertinggi dengan kategorisasi sangat baik sebesar 90.45%, diikuti oleh indikator informatif, kepercayaan, aksebilitas, dan hiburan. Standar deviasi pada data Indikator Kepercayaan, standar deviasi sebesar 2.495 menunjukkan bahwa data memiliki variasi yang lebih besar dibandingkan dengan data Indikator Interaktivitas yang memiliki standar deviasi sebesar 2.735. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya aspek Interaktivitas, Informatif, Kepercayaan pada literasi digital dalam pemasaran digital untuk pengembangan bisnis dan meningkatkan penjualan sementara itu, aspek aksebilitas dan hiburan juga perlu ditingkatkan agar strtategei pemasaran dapat berkembang dengan baik. Serta perlunya peningkatan terus menerus dalam pemahaman literasi digital untuk kemajuan individu dan bisnis di era digital. Kata Kunci: kemampuan literasi digital, pemasaran digital, reseller, media sosial, strategi pemasaran. ***** Information technology has become an inseparable part of daily life in the digital era. Digital literacy has become an important skill that supports lifelong learning needs. One of the professions that is evolving in the digital era is resellers, who increasingly rely on online sales. This research aims to determine the digital literacy skills of resellers, especially in utilizing social media in digital marketing. Focusing on the Phiress reseller community, with the hope of providing valuable insights for the development of digital literacy, and improving sales performance. The study employed an online survey, utilizing a closed questionnaire employing a Likert scale, with 80 participants, predominantly teenagers (96.25%) and a minority of adults (3.75%), with the gender distribution being predominantly female (97.5%) and male (2.5%). The majority showed a very good understanding of digital marketing literacy, with an overall percentage of 87.25%. The research results show variations in digital literacy skills for each indicator, with interactivity being the most dominant aspect with the highest percentage categorized as excellent at 90.45%, followed by informative, trust, accessibility, and entertainment indicators. The standard deviation in Trust Indicator data, with a standard deviation of 2.495, indicates that the data has a larger variation compared to the Interactivity Indicator data, which has a standard deviation of 2.735.The conclusion of this study emphasizes the importance of Interactivity, Informativeness, and Trust aspects in digital literacy in digital marketing for business development and increasing sales. Meanwhile, accessibility and entertainment aspects also need to be improved for marketing strategies to develop effectively. Continuous improvement in understanding digital literacy is also necessary for individual and business progress in the digital era. Keywords: digital literacy skills, digital marketing, reseller, social media, marketing strategy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Karta Sasmita, S.Pd,M.Si.,Ph.D. ; 2). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd. |
Subjects: | Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 25664 not found. |
Date Deposited: | 16 Sep 2024 23:24 |
Last Modified: | 16 Sep 2024 23:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50745 |
Actions (login required)
View Item |