PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN OTKK KELAS XI DAN XII OTKP DI SMK NEGERI 45 JAKARTA

ISDAYANTI, . (2020) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN OTKK KELAS XI DAN XII OTKP DI SMK NEGERI 45 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ISDAYANTI.8105160508.Pengaruh Fasilitas Belajar dan Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran OTKK Kelas XI dan XII OTKP Di SMKN 45 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh fasilitas belajar dan manajemen kelas terhadap motivasi belajar pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan kelas XI dan XII OTKP di SMKN 45 Jakarta. Penelitian ini terhitung mulai mulai dari bulan November 2019 sampai dengan Januari 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 45 Jakarta yang berjumla 771 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI dan XII OTKP SMKN 45 Jakarta yang berjumlah 141 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitin ini adalah 100 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik acak proposional. Data motivasi belajar (Y), fasilitas belajar (X1) dan manajemen kelas (X2) merupakan data primer yang dengan menggunakan Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 25.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan hasil signifikansi fasilitas belajar sebesar 0,200, manajemen kelas sebesar 0,200, dan motivasi belajar sebesar 0,200, lalu menggunakan uji linearitas dengan nilai signifikansi pada linearity fasilitas belajar sebesar 0,000, nilai signifikansi pada linearity manajemen kelas sebesar 0,000, uji asumsi klasik dengan menggunakan uji heterokedatisitas dalam uji Spearman’ rho dengan nilai Sig. (2tailed) variabel fasilitas belajar sebesar 0,735 dan variabel manajemen kelas sebesar 0,684 Karena nilai lebih dari 0,05 maka tidak terjadi heterokedastisitas, kemudian menggunakan analisis path (path analysis), dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah fasilitas belajar dan manajemen kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Kata kunci : Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Manajemen Kelas ISDAYANTI.8105160508. The Effect of Classroom Learning and Management Facilities on Learning Motivation of OTKK Subjects Class XI and XII OTKP at SMKN 45 Jakarta. Scripts. Jakarta: Economic Education study program, Faculty of Economics, Jakarta State University.2020. This study aims to determine the effect of learning facilities and classroom management on learning motivation of Financial Governance Automation classes XI and XII OTKP at SMKN 45 Jakarta. This research is calculated starting from November 2019 until January 2020. The research method used is a survey method with a correlational approach. The population in this study were all students of SMKN 45 Jakarta with 771 students. The outreach population is 141 students of class XI and XII OTKP SMKN 45 Jakarta. The sample used in this study was 100 students. The technique used is a proportional random technique. Learning motivation data (Y), learning facilities (X1) and class management (X2) are primary data using Likert Scale. Data analysis techniques using the SPSS program version 25.0 began by looking for the analysis requirements test using the Kolmogorov-Smirnov normality test with the results of the significance of learning facilities of 0.200, class management of 0.200, and motivation of learning of 0.200, then using a linearity test with significance value at the linearity of facilities learning at 0,000, the significance value on the linearity of management classes at 0,000, the classical assumption test using the heterokedaticity test in the Spearman 'rho test with the Sig. (2tailed) learning facility variable is 0.735 and classroom management variable is 0.684 Because the value is more than 0.05 then there is no heterokedasticity, then using path analysis, and hypothesis testing using the F test and t test. The conclusion in this study is the learning facilities and classroom management have a positive and significant effect on learning motivation. Keywords: Learning Motivation, Learning Facilities, and Class Management

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuryetty Zain, M.M ; 2). Marsofiyati, S.Pd, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 1699 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:22
Last Modified: 26 Oct 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item