PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TARI DAN KELEKATAN IBU TERHADAP REGULASI DIRI ANAK USIA DINI (Penelitian Eksperimen pada Anak usia 5-6 Tahun di Kec. Pulogadung Jakarta Timur)

ASTITA LUKI MEI APRIDA, . and UNSPECIFIED and UNSPECIFIED (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TARI DAN KELEKATAN IBU TERHADAP REGULASI DIRI ANAK USIA DINI (Penelitian Eksperimen pada Anak usia 5-6 Tahun di Kec. Pulogadung Jakarta Timur). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
File Pertama.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File Kedua (BAB I).pdf

Download (351kB)
[img] Text
File Ketiga (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
File keempat (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
File Kelima (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
File Keenam (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
File Ketujuh (Daftar Pustaka).pdf

Download (349kB)
[img] Text
File Terakhir (Lampiran dan Riwayat Hidup)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari strategi pembelajaran tari dan kelekatan ibu terhadap regulasi diri anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak di Kec. Pulogadung Jakarta Timur dimana sampel penelitian ini diambil di Kel. Kayuputih dan Kel. Rawamangan. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen desain faktorial 2X2, desain ini digunakan untuk menjelaskan perbedaan regulasi diri anak yang mendapatkan perlakuan pembelajaran tari kreatif dan pembelajaran tari imitatif. Hasil penelitian: 1) strategi pembelajaran tari imitatif dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak sangat efektif untuk mengembangkan regulasi diri anak dibandingkan penggunaan strategi pembelajaran tari kreatif. 2) kelekatan ibu tinggi jelas lebih efektif dalam menstimulus perkembangkan regulasi diri dibandingkan dengan anak yang memiliki kelekatan ibu rendah. 3) kelekatan ibu yang tinggi dan strategi pembelajaran tari imitatif adalah perpaduan yang sangat efektif untuk menstimulus regulasi diri. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara jenis strategi pembelajaran tari dan tingkat kelekatan ibu memberikan pengaruh tambahan yang signifikan terhadap regulasi diri anak. Temuan hasil penelitian ini kemungkinan dapat terjadi dikarenakan masing-masing variabel penelitian (strategi pembelajaran tari dan kelekatan ibu) mempengaruhi regulasi diri anak dengan interaksi sinergis yang signifikan di antara keduanya. Kata kunci: Strtegi Pembelajaran, Kelekatan Ibu, Regulasi Diri. ***** The study aims to find out the influence of dance learning strategies and maternal attachment on the self-regulation of children aged 5-6 at the Children's Park in Pulogadung district of East Jakarta where samples of this research were taken in Kayuputih and Rawamangan districts. The research was conducted using the experimental method of factorial design 2X2, this design was used to explain the differences between self-regulation of children who obtained the treatment of learning creative dance and learning imitative dance. The results of the research: 1) Imitative dance learning strategies in learning in the Kindergarten are very effective in developing self regulation of children compared to the use of creative dance learning strategy. 2) High mother attachment is clearly more effective in stimulating the development of selfRegulation compared with children with low mother attachments. 3) High mom attachment and imitative dancing learning strategy are a very effective combination to stimulate selfregulation. Implications of the study suggest that a combination of the kind of dance learning strategy and the level of maternal attachment provides a significant additional influence on the child's self-regulation. The findings of this study are likely to occur because each variable of the study (dance learning strategy and maternal attachment) affects the child's self-regulation with a significant synergistic interaction between the two.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 25675 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:12
Last Modified: 09 Sep 2024 00:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50819

Available Versions of this Item

  • PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TARI DAN KELEKATAN IBU TERHADAP REGULASI DIRI ANAK USIA DINI (Penelitian Eksperimen pada Anak usia 5-6 Tahun di Kec. Pulogadung Jakarta Timur). (deposited 09 Sep 2024 00:12) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item