HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR

NADIAH PUTRI ANANDA, . (2024) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB 2 Kajian Teoritis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan, Implikasi, dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara empiris mengenai hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan motivasi belajar IPS pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pondok Kopi Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2024. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Uji normalitas menggunakan OneSample Kolmogorov-Smirnov. Kemudian dilakukan uji homogenitas.Menunjukkan bahwa perhatian orang tua berdasarkan persepsi siswa memberikan kontribusi sebesar 50% dalam menentukan motivasi belajar IPS. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan motivasi belajar IPS pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pondok Kopi Jakarta Timur. ******* This research aimed to obtain empirical data regarding the correlation between students' perceptions of parental attention and motivation for learning social sciences of fifth grade at State Elementary Schools in Pondok Kopi Village East Jakarta. The type of research is quantitative research. The method used is correlational method. This research was conducted in July 2024. The research sample was taken by using cluster random sampling technique. The sample was 78 students. The data collection technique used a questionnaire with a Likert scale.The normality test used One-Sample Kolmogorov-Smirnov. Then the homogeneity test was carried out. Showing that parental attention based on students' perceptions contributes 50% in determining social sciences learning motivation. So it can be concluded that there is a positive correlation between students' perceptions of parental attention and social sciences learning motivation of fifth grade at State Elementary Schools in Pondok Kopi Village East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd. ; 2). Imaningtyas, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25691 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2024 05:17
Last Modified: 13 Sep 2024 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50913

Actions (login required)

View Item View Item