EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PENDIDIKAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

RIDHO ADI SAPUTRO, . (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS PENDIDIKAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam masa transisi dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka yang akan diterapkan di seluruh sekolah, ditemukan beberapa tantangan yang dialami oleh guru adalah proses persiapan dalam melaksanakan pembelajaran, termasuk penyusunan media pembelajaran itu sendiri. Hal tersebut nantinya dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk melakukan uji efektivitas dari media yang pernah disusun oleh peneliti sebelumnya. Media tersebut adalah sebuah modul dengan judul “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis Pendidikan Kontekstual” yang disusun oleh Suprajito Mutaqim. Metode penelitian yang akan dipakai pada penelitian ini adalah Kuantitatif eksperimen dengan model desain the one group pretest posttest design. Pada penelitian ini diperoleh data pretest dan posttest terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain dan diperoleh hasil N-Gain berada antara 0,3 hingga 0,7 (0,3<g<0,7) atau termasuk dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Kontekstual” memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik./***** In the transition period from kurikulum 2013 to the kurikulum merdeka that will be implemented in all schools, several challenges experienced by teachers were found, namely the preparation process in implementing learning, including the preparation of the learning medium itself. This can later influence the high and low levels of student learning outcomes. Therefore, the researcher intends to test the effectiveness of the media that was prepared by previous researchers. The media is a module with the title "Pancasila and Citizenship Education Based on Contextual Education" which was prepared by Suprajito Mutaqim. The research method that will be used in this research is quantitative experimentation with the one group pretest posttest design model. In this study, the pretest and posttest data were normally and homogeneously distributed. Next, an N-Gain test was carried out and the N-Gain results were between 0.3 and 0.7 (0.3 < g < 0.7) or included in the medium category. So it can be concluded that the use of the learning module "Pancasila and Citizenship Education Based on Contextual Education" has a positive influence on student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24147 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:04
Last Modified: 30 Sep 2024 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50986

Actions (login required)

View Item View Item