ANALISIS LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DILEMMA-STEAM

ANNISA KHAIRANI, . (2022) ANALISIS LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DILEMMA-STEAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover dan Lembar Persembahan.pdf

Download (142kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan dan Orisinalitas.pdf

Download (523kB)
[img] Text
03. Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text
04. Abstract.pdf

Download (105kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (106kB)
[img] Text
06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (197kB)
[img] Text
07. BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
08. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
15. Metadata Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi kimia peserta didik pada materi asam-basa melalui penerapan model pembelajaran dilemma-STEAM. Model ini dirancang untuk melibatkan peserta didik dalam pembelajaran berbasis nilai melalui dilemma story yang mengajukan masalah untuk dipecahkan melalui pengembangan proyek STEAM. Penelitian ini melibatkan 40 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menyelidiki pengalaman belajar peserta didik melalui pengumpulan data dari observasi kelas, wawancara, jurnal reflektif, dan tes penilaian literasi kimia pada materi asam-basa. Penelitian ini melaporkan bahwa model pembelajaran dilemma-STEAM mendukung pengembangan literasi kimia peserta didik. Peserta didik ditantang untuk mengembangkan proyek jet powered boat sebagai solusi dari permasalahan mobilitas antar pulau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik didorong untuk berpikir kritis dengan menerapkan pemahaman konseptual mereka ke dalam praktik. Selain itu, peserta didik termotivasi untuk melihat lebih dekat permasalahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, model ini dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk melibatkan peserta didik dalam membuat relevansi antara konsep kimia dan penerapannya dalam konteks lingkungan. Penelitian ini juga membahas kesulitan para peneliti dalam menerapkan pendekatan ini untuk pembelajaran kimia selama wabah COVID-19. ************************* This paper aims to analyze students’ chemical literacy in acid and base learning through implementing the dilemma-STEAM teaching model. This model is designed to engage students in values-based learning through dilemma stories posing environmental problems to be solved through the development of an interdisciplinary project. This study involved forty students in XI IPA 1 SMA Negeri 53 Jakarta in the 2021/2022 academic year. The qualitative method was employed to investigate students’ learning experiences through multiple data collection of classroom observation, semi-structured interviews, reflective journals, and chemical literacy tests. The study reported that the dilemma-STEAM teaching model supports students’ chemical literacy development. In this model, students are challenged to develop a jet-powered boat project as the solution to the inter-island mobility dilemma. The study demonstrated that students are encouraged to think critically by applying their conceptual understanding to practice. Besides, they feel motivated to look closer at chemistry issues in everyday life. Thus, this model can be used as an alternative way to engage students in making relevances between chemistry concepts and their application in the environmental context. The paper also addressed the researchers’ difficulties in implementing this innovative approach to chemistry learning during COVID-19 outbreaks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. ; 2). Elsa Vera Nanda, M.Si.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Matematika
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:08
Last Modified: 02 Oct 2024 04:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51079

Actions (login required)

View Item View Item