HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI KORELASIONAL PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

MUHAMMAD BAGUS SAPUTRO, . (2022) HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (STUDI KORELASIONAL PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa arab angkatan 2017-2018 dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Minat Menjadi Guru terhadap Hasil Belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasi. Populasi nya adalah mahasiswa pendidikan bahasa arab angkatan 2017-2018 dengan sampel yg dibatasi yaitu 63 mahasiswa. Pengambilan sampel memakai teknik simple random sampling. pengumpulam data menggunakan Google Form dengan jumlah 38 butir pertanyaan pada variabel X. dengan teknis analisis data menggunakan Uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan Uji Normalitas dihasilkan normal. Uji Homogenitas dengan data yang homogen, dan Hipotesis penelitian ini menyatakan terdapat hubungan signifikan antara Minat Menjadi Guru dengan Hasil Belajar. Pengujian hipotesis ini menggunakan rumus korelasi Product moment. Pada pengujian hipotesis diperoleh rxy sebesar 0,565 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat sedangkan rtabel (N-2)= 0,248 untuk N = 63 dengan taraf signifikan 95% (α = 0,05), karena rxy > rtabel dan thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X (Minat Menjadi Guru guru) dengan variabel Y (Hasil Belajar). Hal ini berarti semakin tinggi minat menjadi guru maka semakin tinggi juga hasil belajar. Dengan demikian hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara minat menjadi guru dengan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan bahasa arab angkatan 2017-2018 ditolak. Sedangkan hipotesis (H1) yang menyatakan ada hubungan antara hubungan minat menjadi guru dengan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan bahasa arab angkatan 2017-2018 diterima. Peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan antara hubungan minat menjadi guru dengan hasil belajar. *********************************************************** This research was conducted at The State University of Jakarta in arabic language education study students class of 2017-2018 with the aim to find out how the relationship between The Interest of Being a Teacher to Learning Outcomes. The method used in this study is a survey method with correlation techniques. Its population is arabic language education students class of 2017-2018 with a limited sample of 61 students. Sampling uses a simple random sampling technique. Data collection using Google Form with a total of 38 questions on variable X. with technical data analysis using t-Test at a significant level α = 0.05. The t-test is performed after a test of normality and homogeneity. After the normality test is produced normal. Test homogeneity with homogeneous data, and this research hypothesis states there is a significant relationship between interest in becoming a teacher and learning outcomes. Testing this hypothesis uses the product moment correlation formula. In hypothesis testing obtained rxy of 0.565 which means it has a strong relationship level while rtabel (N-2)= 0.248 for N = 63 with a significant level of 95% (α = 0.05), because rxy > rtabel and thitung > ttabel it can be concluded that there is a significant positive relationship between variable X (Interest in Becoming a Teacher) with variable Y (Learning Outcomes). This means that the higher the interest in becoming a teacher, the higher the learning outcomes. Thus the hypothesis (H0) that states there is no relationship between the interest in becoming a teacher and learning outcomes in Arabic education students in the class of 2017-2018 was rejected. While the hypothesis (H1) that states there is a relationship between the relationship of interest in becoming a teacher and learning outcomes in Arabic language education students in the class of 2017-2018 is accepted. Researchers concluded that there is a relationship between the relationship of interest in being a teacher and learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Zainal Rafli, M.Pd. ; 2). Andri Ilham, M.A.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2024 00:39
Last Modified: 04 Oct 2024 00:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51209

Actions (login required)

View Item View Item