MUTIAH MAISUN, . (2022) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH NAHWU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNJ (PENELITIAN KUALITATIF). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (725kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (516kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah nahwu di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran nahwu secara daring pada Semester 4 di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta? 2) Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran nahwu secara daring di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Nahwu di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai subjek utama dalam penelitian kualitatif, dan mahasiswa semester 4 program studi pendidikan bahasa arab yang mengambil mata kuliah ilmu nahwu 2 pada semester genap tahun akademik 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian: (1) Kuliah online untuk naḥwu 2 dilakukan dengan metode berupa ceramah, kuis via aplikasi kahoot dan presentasi materi kelompok. (2) Sebanyak 60% responden menyatakan ragu-ragu dalam memahami materi yang disampaikan. Hanya 23% responden yang menyatakan pemahaman yang didapat setelah mengikuti kuliah naḥwu 2 online cukup baik. Sebanyak 73% responden menyatakan bahwa mereka tertinggal materi nahwu selama pembelajaran daring. Faktor yang mempengaruhi adalah metode pengajaran yang digunakan belum efektif, bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi kurang mudah dipahami, dan kualitas jaringan. Menurut mereka, kuliah online dinilai kurang efektif dalam naḥwu2. Mereka berharap semoga pembelajaran nahwu selanjutnya lebih efektif lagi dari sebelumnya dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dalam memanfaatkan media yang digunakan agar proses pembelajaran lebih menyenangkan. ********************************************************* This study aims to determine student perceptions of online learning for Nahwu science at Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta. The main questions in this study are 1) How is the learning process Nahwuthrough online platform in 4th semester at the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta? 2) How are students' perceptions of online nahwu learning at the Jakarta State University Arabic Language Education Study Program? Method that used in this study is a qualitative descriptive method by analyse Student Perceptions of Online Learning for Nahwu Courses at Arabic Language Education Study Program. The subjects of this study were the researcher herself as the main subjects in qualitative research, and second year students of the Arabic language education study program who took Nahwu II science on the second semester at 2019/2020 academic year. Collecting data techniques that being used are questionnaires and interviews. The results of the study: (1) Online learning for Naḥwu 2 are conducted using variants methods, lectures, quizzes via the Kahoot application and presentation of group material. (2) 60% of respondents expressed doubts in understanding the material that presented. Only 23% of respondents stated that their understanding are quite good after attending online Nahwu 2 learning. As many as 73% of respondents stated that they were left behind on Nahwu material during online learning. Factors that affected are teaching method that used were not very effective, the language that used to delivering the material is hard to understood by students, and the quality of internet network. According to them, online learning is considered less effective for Naḥwu 2. Students hope, the next Nahwu learning will be more effective than before by using innovative learning methods in utilizing the media used to make the learning process more enjoyable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A. ; 2). Dr. Mohamad Sarip, M.A. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 01:33 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51219 |
Actions (login required)
View Item |