ALIFAH EKANANDA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PUPBAG (PUPPET PAPER BAG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1_Cover.pdf Download (203kB) |
|
Text
2_Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (393kB) |
|
Text
3_Abstrak.pdf Download (321kB) |
|
Text
4_Abstrac.pdf Download (305kB) |
|
Text
5_Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (262kB) |
|
Text
6_Motto dan Persembahan.pdf Download (203kB) |
|
Text
7_Kata Pengantar.pdf Download (271kB) |
|
Text
8_Daftar Isi.pdf Download (278kB) |
|
Text
9_Daftar Tabel.pdf Download (182kB) |
|
Text
10_Daftar Gambar.pdf Download (178kB) |
|
Text
11_Daftar Lampiran.pdf Download (181kB) |
|
Text
12_Bab 1.pdf Download (364kB) |
|
Text
13_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
Text
14_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
15_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
16_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
Text
17_Daftar Pustaka.pdf Download (306kB) |
|
Text
18_Lampiran.pdf Download (9MB) |
|
Text
19_Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (195kB) |
Abstract
Kemampuan berbicara adalah suatu potensi seseorang untuk mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi yang terstruktur dan kelancaran dalam mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan atau perasaan untuk berkomunikasi kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh orang lain. Tingkat kemampuan anak dalam berbicara dan berkomunikasi sangat menentukan penerimaan kelompok terhadap mereka yang otomatis juga menentukan terbentuknya konsep diri pada anak. Media mempunyai peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Adanya media dapat memperjelas materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pupbag (Puppet Paper Bag), kelayakan dan kemanfaatan media pembelajaran di dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Jenis penelitian ini model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di BKB PAUD Dahlia, Matraman, Jakarta Timur. Produk media Pupbag (Puppet Paper Bag) telah di uji coba dengan melibatkan Expert Review yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan Small Group (Kelompok kecil) yang terdiri dari 4 anak usia 4-5 tahun. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran Pupbag (Puppet Paper Bag). Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi mencapai tingkat kevalidan sebesar 75%. Hasil penilaian dari ahli media mencapai tingkat kevalidan sebesar 70,83% dan hasil penilaian Small Group (Kelompok kecil) pada uji coba menghasilkan nilai akhir sebesar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pupbag (Puppet Paper Bag)layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. ************************************************ The ability to speak is a person's potential to pronounce structured articulation sounds and fluency in expressing, stating, and conveying ideas, thoughts, ideas or feelings to communicate to others using language that can be understood by others. The level of children's ability to speak and communicate greatly determines the group's acceptance of them which automatically determines the formation of self-concept in children. Media has an important role in learning activities. The existence of the media can clarify the material presented by the teacher. This study aims to develop Pupbag learning media (Puppet Paper Bag), the feasibility and benefits of learning media in the learning process in improving speaking skills. This type of research is the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluation). This research was conducted at BKB PAUD Dahlia, Matraman, East Jakarta. The Pupbag media product (Puppet Paper Bag) has been tested by involving an Expert Review consisting of material experts, media experts, and a Small Group consisting of 4 children aged 4-5 years. The object of this research is Pupbag learning media (Puppet Paper Bag). Based on the results of the assessment of the material expert, it reached a level of validity of 75%. The results of the assessment of media experts reached a level of validity of 70.83% and the results of the Small Group assessment in the trial resulted in a final score of 95%. This shows that the Pupbag learning media (Puppet Paper Bag) is feasible and can be used in learning activities.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra Yudrik Jahja M.Pd ; 2). Eriva Syamsiatin, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 00:13 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 00:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51367 |
Actions (login required)
View Item |