Pembelajaran Musik dalam Upaya Menurunkan Emosi Anak dengan Autisme

MARHILON YOLANDA JESLINA, . (2022) Pembelajaran Musik dalam Upaya Menurunkan Emosi Anak dengan Autisme. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan _ Marhilon Yolanda Jeslina.pdf

Download (802kB)
[img] Text
Daftar Isi_Marhilon Yolanda Jeslina.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab I Skripsi _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Bab II Skripsi _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
Bab III Skripsi _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
Bab IV Skripsi _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
Bab V Skripsi _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi _ Marhilon Yolanda Jeslina _ 1102618031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
Skripsi Marhilon Yolanda Jeslina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran musik terhadap emosi pada anak dengan autisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dilakukan di Unison Music Course. Subyek dalam penelitian ini adalah guru musik, orang tua murid, dan anak dengan autisme yang mengikuti pembelajaran musik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan emosi negatif pada anak dengan autisme saat melakukan pembelajaran musik dari saat awal sampai akhir penelitian. Proses pembelajaran musik yang dilakukan membuat anak menjadi lebih memahami emosi setiap orang dalam lingkungan sekitar. Anak dapat mengelola fokus serta emosi yang akan diungkapkan pada saat melakukan kegiatan. *************************************** This study aims to determine the impact of music learning on emotions in children with autism. The method used in this research is case study conducted at the Unison Music Course. The subjects in this study were music teachers, parents, and children with autism who took music lessons. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The research data analysis consists of three flows, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. on checking and checking the validity of the data using triangulation. The results showed that there was a decrease in the emotions of children with autism when doing music learning from the beginning to the end of the study. The music learning process carried out makes children better understand the emotions of everyone in the surrounding environment. Children can manage focus and emotions that will be expressed when doing activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Budi Santoso, M.Pd 2). Suprihatin, M.Ed, Ed.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 10 Oct 2024 00:56
Last Modified: 10 Oct 2024 00:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51461

Actions (login required)

View Item View Item