FEBY FAIZATURROKHMAH, . (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Warming Up Activity pada Pembelajaran Menulis Bahasa Jepang di kelas XII OTKP SMK Tridaya Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (313kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Feby Faizaturrokhmah. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Warming Up Activity pada Pembelajaran Menulis Bahasa Jepang di kelas XII OTKP SMK Tridaya Jakarta. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode dalam pembelajaran menulis bahasa Jepang pada siswa kelas XII SMK Tridaya Jakarta, serta kelebihan dan kekurangannya. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang bervariasi di sekolah tersebut. Salah satunya adalah permasalahan dalam pembelajaran menulis bahasa Jepang. Siswa sulit untuk mengingat serta menghafal kosakata bahasa Jepang serta Pola kalimatnya. Karena kurangnya persiapan siswa dalam menulis dalam bahasa Jepang. Terdapat salah satu metode yang dapat membantu proses persiapan siswa dalam menulis karangan bahasa Jepang. Metodenya adalah metode warming up activity. Menurut Robertson & Acklam (2000:30) “warm up is a short activity for the beginning of lesson” maksudnya adalah pemanasan merupakan kegiatan singkat untuk awal pelajaran. Oleh karena itu, penerapan metode warming up activity diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi siswa kelas XII OTKP SMK Tridaya Jakarta Tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai yang lebih besar pada posttest yaitu dengan rata-rata nilai 92,50. Kemudian uji t diketahui thitung sebesar 2,03 lebih besar dari ttabel yaitu 2,0017. Dan diketahui nilai R² pada penghitungan regresi sebesar 0,162 atau sebesar 16,20%. Hal ini berarti terdapat pengaruh sebesar 16,20% hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa jepang dengan menggunakan metode warming up activity, sementara 83,80% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian terdapat pengaruh dari penggunaan metode warming up activity dalam pembelajaran menulis karangan bahasa Jepang pada siswa kelas XII OTKP SMK Tridaya Jakarta. Dari hasil angket yang didapat, diketahui kelebihan metode warming up activity dalam pembelajaran menulis karangan bahasa Jepang ialah 1) menarik, 2) bervariasi, 3) mudah diterapkan, 4) meningkatkan semangat dalam mempelajari bahasa Jepang. Ada pula kekurangan metode warming up activity dalam pembelajaran menulis karangan bahasa Jepang ialah 1) memerlukan kerjasama agar kelas tidak menjadi gaduh, 2) Memerlukan kreativitas dan keterampilan dalam menyusun metode warming up activity, 3) memerlukan durasi belajar yang panjang. Kata Kunci : Metode Warming up activity, Menulis, Menulis Karangan Bahasa Jepang RESUME Feby Faizaturrokhmah. 2020. The Influence Of The Use Of The Warming Up Activity Method On Japanese Language Writing Learning In Class XII OTKP Tridaya Jakarta Vocational Highschool. Thesis, Japanese Language Education Study Program Faculty of Language and Art, Jakarta State University. This study aims to determine the effect of the use of methods in learning to write Japanese in class XII students of SMK Tridaya Jakarta, and their advantages and disadvantages. This is motivated by various problems in the school. One of them is the problem in learning to write Japanese. Students find it difficult to memorize and memorize Japanese vocabulary and sentence patterns. Because of the lack of preparation of students in writing in Japanese. There is one method that can help the student's preparation process in writing Japanese essays. The method is the warming up activity method. According to Robertson & Acklam (2000: 30) "warm up is a short activity for the beginning of the lesson" means that warming up is a short activity for the beginning of the lesson. Therefore, the application of the warming up activity method is applied in learning to write Japanese essays. This research uses an experimental method with a quantitative approach. The population of students in class XII OTKP SMK Tridaya Jakarta in the academic year 2019/2020, with a total sample of 30 students. The instruments used were pretest and posttest and questionnaire. The results showed a greater increase in scores at the posttest, with an average value of 92.50. Then the t test was known to be tcount of 2.03 greater than ttable of 2.0017. And it is known that the value of R² in the regression calculation is 0.162 or 16.20%. This means that there is an influence of 16.20% of student learning outcomes in learning Japanese using the warming up activity method, while the other 83.80% is influenced by other factors not examined. Thus there is an influence from the use of the method of warming up activity in learning to write Japanese essays on class XII OTKP SMK Tridaya Jakarta. From the results of the questionnaire obtained, it is known the advantages of warming up activity methods in learning to write Japanese essays are 1) interesting, 2) varied, 3) easy to apply, 4) increase enthusiasm in learning Japanese. There is also a shortage of the method of warming up activity in learning to write Japanese essays: 1) requires cooperation so that the class does not become rowdy, 2) Requires creativity and skills in preparing the method of warming up activity, 3) requires a long duration of learning. Keywords: Method of Warming up activity, Writing, Writing Japanese Essay
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd. 2. Frida Philiyanti, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 1506 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 15:49 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 15:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5152 |
Actions (login required)
View Item |