YASINTA RORO ANJANI, . (2024) PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN JASA BIDANG KECANTIKAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI D4 KOSMETIK DAN PERAWATAN KECANTIKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (440kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
Abstract
Pemasaran digital telah menjadi elemen penting dalam strategi bisnis baik dibidang industri barang maupun industri jasa. Digital marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Industri jasa mencakup berbagai bidang, salah satunya adalah jasa dalam bidang kecantikan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing untuk meningkatkan pendapatan jasa bidang kecantikan pada mahasiswa Program Studi D4 Kosmetik dan Perawatan Kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif pada objek penelitiannya yakni jumlah 10 informan mahasiswa yang berprofesi di bidang jasa kecantikan dan memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan pendapatannya. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data, dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion verification (penarikan kesimpulan). Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan digital marketing memiliki dampak yang signifikan seluruh narasumber melaporkan peningkatan pendapatan minimum 10% dan maksimum 100% setelah menggunakan digital marketing, yang sebagian besar disebabkan oleh konsistensi dalam pembuatan konten dan interaksi aktif di yang sebagian besar disebabkan oleh konsistensi dalam pembuatan konten dan interaksi aktif di media sosial platform Instagram. Dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan WhatsApp, mahasiswa berhasil memperluas jangkauan pasar mereka, meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pelanggan. Strategi digital marketing yang digunakan meliputi pembuatan konten yang menarik, penggunaan fitur booking online, serta penyajian testimonial pelanggan. ********** Digital marketing has become an important element in business strategy both in the field of goods and service industries. Digital marketing is one of the marketing media that is currently in great demand by the community to support various activities carried out. The service industry includes various fields, one of which is services in the beauty sector. Research aims to determine the role of digital marketing to increase the income of beauty services in students of the D4 Cosmetics and Beauty Care Study Program. This study uses qualitative research methods with a descriptive study approach to the object of research, namely the number of 10 student informants who work in the field of beauty services and utilize digital marketing to increase their income. Data collection using interviews, observations and documentation. Data analysis techniques, carried out with data reduction (data reduction), data display (data presentation), and Conclusion verification. The conclusion of the results of this study shows that the use of digital marketing has a significant impact of all resource persons to report a minimum increase in 10% and a maximum of 100% after using digital marketing, which is mostly caused by consistency in making content and active interactions on social media platform Instagram. By utilizing various social media platforms such as Instagram, Facebook, Tiktok, and WhatsApp, students succeeded in expanding their market reach, increasing visibility and attracting more customers. Digital marketing strategies used include creating attractive content, use of online booking features, and serving customer testimonials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Mari Okatini Armandari, MKM. ; 2). Titin Supiani, M.Pd. |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > D IV Kosmetik dan Perawatan Kecantikan |
Depositing User: | Users 25779 not found. |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 01:23 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 01:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51868 |
Actions (login required)
View Item |