PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TEBET

SILMI HAZIMATUSYAHIDAH, . (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TEBET. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE 1 (COVER, ABSTRAK, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR ORIGINALITAS, SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, KATA PENGANTAR, DAN DAFTAR ISI).pdf

Download (730kB)
[img] Text
FILE 2 (BAB 1 PENDAHULUAN).pdf

Download (209kB)
[img] Text
FILE 3 (BAB 2 LANDASAN TEORI) .pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
FILE 4 (BAB 3 METODOLOGI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
FILE 5 (BAB 4 HASIL_PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
FILE 6 (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
FILE 7 (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (151kB)
[img] Text
FILE 8 (LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di era merdeka belajar yang semakin menekankan pentingnya pendidikan berpikir kritis bagi peserta didik. Pendidikan berpikir kritis juga membantu peserta didik menggali dan melatih potensi lain dalam diri mereka untuk mencapai aktualisasi diri di aspek pribadi, sosial, belajar, dan karier. Salah satu model yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila yang dapat menuntut keaktifan serta berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran project-based learning (PjBL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hipotesis dalam penelitian adalah ada pengaruh antara model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan kuasi eksperimen dengan desain Post- test Only, Control Group Design. Prosedur penelitian membagi kelompok menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Kebon Baru 09 dengan sampel diambil sebanyak 48 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan secara statistik menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,03 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan Pendidikan Pancasila. Selanjutnya, hasil penelitian juga diperkuat dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model PjBL lebih tinggi yakni 88,33 daripada kelas kontrol yang menggunakan model PBL yaitu 82,00. Perbedaan skor tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran PjBL lebih baik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siwa. Kata kunci: berpikir kritis, project based learning, Pendidikan Pancasila ***** This research is motivated by learning in the era of independent learning which increasingly emphasizes the importance of critical thinking education for students. Critical thinking education also helps learners explore and train other potentials within themselves to achieve self-actualization in personal, social, learning, and career aspects. One of the right models in achieving the learning objectives of Pancasila Education that can demand student activeness and critical thinking is the project-based learning (PjBL) learning model. The purpose of the study was to determine the effect of the PjBL learning model on students' critical thinking skills. The hypothesis in the research is that there is an influence between the PjBL learning model on students' critical thinking skills. The research conducted was a quasi-experiment with Post- test Only, Control Group Design. The research procedure divides the group into two classes, namely the experimental class and the control class. The study population was fifth grade students of SDN Kebon Baru 09 with a sample of 48 students. The sample was selected using cluster random sampling technique. The data collection tool used was a description test. Based on the results of research and statistical calculations using the independent sample t-test, the sig. (2-tailed) of 0.03 is smaller than 0.05. This shows that the null hypothesis is rejected, meaning that there is a significant effect of using the PjBL model on the critical thinking skills of fifth grade elementary school students on the content of Pancasila Education. Furthermore, the results of the study are also reinforced by the average value of the class using the PjBL model which is 88.33 higher than the control class using the PBL model which is 82.00. The difference in scores proves that the PjBL learning model is better in developing students' critical thinking skills. Keywords: critical thinking, project based learning, Pancasila Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24427 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2024 01:50
Last Modified: 18 Nov 2024 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52073

Actions (login required)

View Item View Item