MELA NURHASANAH, . (2024) PENGARUH STRATEGI QUESTION INTO PARAGRAPH (QUIP) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 74 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (266kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi Question Into Paragraph (QUIP) berbantuan Media Flash Card terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata pre-test yang didapatkan kelas eksperimen, yaitu 43, sedangkan posttest mendapatkan 79. Pada kelas kontrol, nilai pre-test yang didapatkan, yaitu 44, sedangkan posttest mendapatkan nilai 64. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 25.0 dengan uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) pada pre-test kelas eksperimen mendapatkan Sig. 0,106>0,05, pada posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai 0,200>0,05, sedangkan pada kelas kontrol pada saat pre-test mendapatkan nilai 0,069>0,05 dan pada saat posttest mendapatkan nilai 0,200>0,05. Maka dinyatakan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan rata-rata (based on mean) memperoleh nilai Sig. 0,217>0,05 dan dinyatakan data bersifat homogen, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil di atas, strategi Question Into Paragraph (QUIP) berbantuan Media Flash Card dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi dan media yang baik untuk pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Selain itu, dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks eksplanasi. This study aims to determine the effect of the Question Into Paragraph strategy with the help of Flash Card media on writing comprehension skills of report text in class VII of SMPN 74 Jakarta. This study used experiment method Pretest-Posttest Control Group Design. Determination of the sample using Simple Random Sampling technique. VII-E was selected as the experimental class and VII-D as the control class. The average of pretest score obtained by the experimental class was 43, while the posttest score was 79. In the control class, the pretest score obtained was 44, while the posttest score was 64. The data analysis test was carried out with the help of SPSS 25.0 with the normality test (Kolmogorov-Smirnov) in the pretest the experimental class got a Sig score. 0.106>0.05, in the posttest got a score of 0.200>0.05. Meanwhile, in the pretest, the control class got a score of 0.069>0.05 and in the posttest got a score of 0.200>0.05. It was stated the data was normally distributed. The homogeneity test shows that the average (based on mean) obtains a Sig score. 0.217>0.05. It is stated the data is homogeneous, which means Ho is rejected and Ha is accepted. The hypothesis test carried out shows the Sig score. (2-tailed) 0.000<0.05, which means there is a significant difference between the experimental class and control class. Based on the results above, Question Into Paragraph (QUIP) strategy with the help of Flash Card media can be used as an alternative strategy and media for learning to write report text. Besides that, it can be implemented for explanation text learning materials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. 2). Dr. Edi Puryanto, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mela Nurhasanah . |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 04:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 04:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52245 |
Actions (login required)
View Item |