ARFAN, . (2024) PENGARUH JOB INVOLVEMENT, JOB SATISFACTION DAN SELF EFFICACY TEHADAP ORGANIZATIONAL COMMITMENT DENGAN MEDIASI ALTRUISTIC BEHAVIOR PADA GURU SEKOLAH KHUSUS DI PROVINSI BANTEN. Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
1. COVER WATERMARK.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB 1 WATERMARK.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB 2 WATERMARK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
2. BAB 3 WATERMARK.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4 fix WATeRMARK.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5 WATREMARK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA_compressed WATREMARK.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. LAMPIRAN_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Job Involvement, Job Satisfaction, dan Self-Efficacy terhadap Organizational Commitment pada guru sekolah khusus di Provinsi Banten dengan Altruistic Behavior sebagai variabel mediator. Melalui survei kuantitatif terhadap Sampel penelitian yang terdiri dari guru yang berasal dari dua jenis sekolah khusus di Provinsi Banten yaitu 149 sekolah khusus negeri dan 223 sekolah khusus swasta. Teknik Pengambilan sampel dengan Random Sampling, dilanjutkan dengan analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan jalur Path Analysis. Hasil analisis guru sekolah khusus negeri dan swasta sama-sama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan tidak siginifikan Job Involvement terhadap Organizational Commitmment. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Altruistic Behavior terhadap Organizational Commitment. Terdapat pengaruh posisitf dan signifikan Self Efficacy terhadap Altruistik Behavior. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Job Involevlement terhadap Organizational Commitment melaui Altreuistic Behavior. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Job Satisfaction terhadap Organizational Commitment melaui Altreuistic Behavior. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Self Efficacy terhadap Organizational Commitment melaui Altreuistic Behavior. Implikasi penelitian ini adalah bahwa kekuatan aspek Self�Efficacy dan Altruistic Behavior dapat meningkatkan komitmen kerja guru pada sekolah khusus di Provinsi Banten. Rekomendasi melakukan evaluasi komprehensif terhadap sistem promosi yang ada untuk mengidentifikasi disparitas/ kesenjangan yang signifikan antara kinerja guru dengan hasil yang diperoleh. Menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahap proses promosi untuk membangun kepercayaan dan menghilangkan persepsi ketidakadilan This study aims to examine the effect of Job Involvement, Job Satisfaction, and Self�Efficacy on Organizational Commitment in special school teachers in Banten Province with Altruistic Behavior as a mediator variable. Through a quantitative survey of the research sample consisting of teachers from two types of special schools in Banten Province, namely 149 special public schools and 223 special private schools. The sampling technique with Random Sampling, followed by data analysis using the Structural Equation Model (SEM) with the Path Analysis path. The results of the analysis of teachers in public and private special schools both showed that there was a positive and insignificant influence of Job Involvement on Organizational Commitment. There was a positive and insignificant influence of Altruistic Behavior on Organizational Commitment. There is a positive and significant influence of Self Efficacy on Altruistic Behavior. There is a positive and insignificant influence of Job Commitment on Organizational Commitment through Altreuistic Behavior. There was a positive and insignificant influence of Job Satisfaction on Organizational Commitment through Altreuistic Behavior. There is a positive and insignificant influence of Self Efficacy on Organizational Commitment through Altreuistic Behavior. Implikasi penelitian ini adalah bahwa kekuatan aspek Self-Efficacy dan Altruistic Behavior dapat meningkatkan komitmen kerja guru pada sekolah khusus di Provinsi Banten. Rekomendasi melakukan evaluasi komprehensif terhadap sistem promosi yang ada untuk mengidentifikasi disparitas/ kesenjangan yang signifikan antara kinerja guru dengan hasil yang diperoleh. Menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahap proses promosi untuk membangun kepercayaan dan menghilangkan persepsi ketidakadilan.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Agung Dharmawan Buchdadi, M.M., Ph.D 2. Dr. Suparno, S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 01:05 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 01:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52321 |
Actions (login required)
View Item |