PENGEMBANGAN E-MODUL LUKA MEMAR PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KHUSUS DI SMK NEGERI 7 TANGERANG SELATAN

ORYZA SATIVA HIDAYAT, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL LUKA MEMAR PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KHUSUS DI SMK NEGERI 7 TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (965kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penguasaan dan pemahaman materi luka memar pada mata pelajaran Rias Wajah Khusus disebabkan minimnya sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran praktis yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa batas dalam bentuk Modul Elektronik (E-modul). E-modul dikembangkan dengan ReactJs yang mampu membuat User Interface (UI) interaktif, mandiri, dan kompleks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Pada tahap development, dilakukan uji validitas terhadap produk penelitian dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan kepada ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian tahap pertama oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 76% dan tahap kedua meningkat menjadi 91,5% setelah dilakukan perbaikan pada E-modul Luka Memar, serta penilaian oleh ahli media memperoleh hasil sebesar 85,5%. Penelitian ini juga melakukan uji praktikalitas pada peserta didik kelas XII program ahli Tata Kecantikan Kulit dan Rambut SMK Negeri 7 Tangerang Selatan. Tahap awal dilakukan dengan uji coba perorangan (one-to-one) memperoleh hasil 90%, setelah itu uji praktikalitas dilanjutkan uji coba terbatas (small group) dengan hasil 97,1%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa E-modul Luka Memar sangat baik dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Rias Wajah Khusus. *************** The background of this research is the low competence and understanding of bruising material in the Special Makeup subject caused by the lack of learning resources. This research aims to produce practical learning media that can be accessed anywhere and anytime without limits in the form of an Electronic Module (E-modul). The E-module is developed with ReactJs, which can create interactive, stand-alone, and complex User Interface (UI). The method used in this study is Research & Development (R&D) with the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. At the development stage, validation of the research product was carried out using a questionnaire instrument distributed to material experts and media experts. The results of this study indicate that at the first stage assessment by material experts obtained 76%, the second stage increased to 91,5% after making improvements to the Bruise E-module, and the assessment by media experts obtained 85,5%. This study also carried out a practicality test on class XII students of the Skin and Hair Beauty program at SMK Negeri 7 South Tangerang. The preliminary stage was carried out with a one-to-one trial with a result of 90%, after that it continued with a small group with a result of 97.1%. The findings from this study allow us to conclude that the Bruises E-module has potentially a valuable use as a learning aid for bruises on special makeup subjects

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nurina Ayuningtyas, M.Pd. ; 2). Dr. Aniesa Puspa Arum, M.Pd.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Oryza Sativa Hidayat .
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:49
Last Modified: 12 Feb 2025 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52624

Actions (login required)

View Item View Item