PENGEMBANGAN MEDIA PAPILAH UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

ALIYANI AZ- ZAHRA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPILAH UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media PAPILAH (Papan Pipa Penjumlahan) untuk menstimulasi pemahaman konsep penjumlahan anak usia 5-6 tahun merupakan tujuan dari studi ini, penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) ditujukkan untuk menghasilkan sebuah produk yang menekankan setiap komponen saling terkoordinasi sesuai dengan kelima tahap model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini menggunakan pengukuran data berdasarkan instrumen kuesioner untuk review ahli serta instrumen evaluasi untuk guru. Validasi ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, pendidik, dan uji implementasi keterpakaian media pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli materi memperoleh nilai akhir 87,5%,dan hasil evaluasi ahli media memperoleh nilai akhir 82,6%. Adapun hasil perhitungan yang diperoleh dari tahap uji coba I, II, dan III pada 8 anak usia 5-6 tahun, yang dilakukan oleh guru dinilai oleh peneliti berdasarkan uji coba I, II, dan III menghasilkan nilai akhir sejumlah 93% serta terdapat penilaian keterbacaan buku pedoman oleh guru I, II, dan III sejumlah 93,3%. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan, menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk pengembangan PAPILAH (Papan Pipa Penjumlahan) tergolong dalam kriteria sangat layak untuk menstimulasi pemahaman konsep penjumlahan anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci : PAPILAH, Pemahaman konsep penjumlahan, anak usia dini. ********** The development of PAPILAH (Addition Pipe Board) media to stimulate understanding of the concept of addition for children aged 5-6 years is the purpose of this study, this research uses the Research and Development research method with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) aimed at producing a product that emphasises each component is coordinated in accordance with the five stages of the ADDIE development model. This study uses data measurement based on questionnaire instruments for expert review and evaluation instruments for teachers. This validation was carried out by material experts, media experts, educators, and implementation tests of media usage in children aged 5-6 years. Based on the evaluation results from the material expert obtained a final score of 87.5%, and the results of the media expert evaluation obtained a final score of 82.6%. The calculation results obtained from the trial phase I, II, and III on 8 children aged 5-6 years, conducted by the teacher assessed by the researcher based on trials I, II, and III resulted in a final score of 93% and there was an assessment of the readability of the guidebook by teachers I, II, and III of 93.3%. Based on the results that have been presented, it shows that overall the PAPILAH (Addition Pipe Board) development product is classified as very feasible to stimulate understanding of the concept of addition for children aged 5-6 years. Keywords : PAPILAH, understanding the concept of addition, early childhood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd. ; 2). Dr. Nurjannah, SP.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Aliyani Az-Zahra .
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:57
Last Modified: 14 Feb 2025 01:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52761

Actions (login required)

View Item View Item