ALFIYANI NURJANNAH, . (2025) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN BEKASI TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (922kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di SDN kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Aren Jaya 18 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika dan instrumen non tes berupa kuesioner untuk mengukur kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment dan uji signifikansi korelasi (uji-t). Berdasarkan perhitungan uji korelasi diperoleh nilai r sebesar 0,701 dan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel (9,59 > 1,99). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN di Kecamatan Bekasi Timur. Kontribusi yang diberikan oleh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 49,2% dan sisanya sebesar 50,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, perlu peran guru dalam membuat pembelajaran yang dapat menumbuhkan keaktifan dan kemandirian belajar pada siswanya saat kegiatan belajar rmengajar supaya siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas V sekolah dasar. ***** This reseach aimed to determine the relationship between learning independent and mathematical problem-solving skills of fifth-grade state elementary schools students in Bekasi Timur district, Bekasi City. The sample for this research consisted of fifth-grade students from SDN Aren Jaya 18 used a cluster random sampling technique. The researched method employed was a survey method with correlational technique. Data collection has been conducted through both test and non-test instruments. The test instrument consisted of essay questions to measure of mathematical problem-solving skills, while the nontest instrument was a questionnaire to measure of learning independent. Data analysis was carried out using the pearson product moment correlation test and correlation significance test (t-test). Based on the correlation test calculations, the r value was obtained at 0.701 and the t-test results obtained tcount > ttable (9.59 > 1.99). The results of this reseach indicated a positive and significant relationship between learning independent and mathematical problem-solving skills of fifth-grade state elementary school students in Bekasi Timur District. Contributed of the learning independent to mathematical problem-solving skills is 49.2%, while the remaining 50,8% is influenced by other factors. Therefore, it was necessary for the role of teachers in learning by providing active learning activities and the students can improve their mathematical problem-solving skills by learning independent of fifth grade elementary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1).Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd; 2).Dra. Evita Adnan, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Alfiyani Nurjannah . |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 09:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 09:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |