MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MEMBACA KATA MENGGUNAKAN METODE SYLLABIC DIDUKUNG DENGAN MEDIA BUKU KATA PADA SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS V SLB NEGERI 12 JAKARTA

NIDA AL-HAQ, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MEMBACA KATA MENGGUNAKAN METODE SYLLABIC DIDUKUNG DENGAN MEDIA BUKU KATA PADA SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS V SLB NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan membaca kata berpola K-V-K-V pada siswa dengan hambatan intelektual ringan kelas V SLB Negeri 12 Jakarta melalui metode syllabic didukung dengan media buku kata. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan atau satu semester yaitu antara bulan juli sampai bulan desember 2024, dengan subjek penelitian siswa hambatan intelektual ringan kelas V sebanyak 5 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Beberapa tahapan tersebut dilakukan dalam 2 siklus. Siklus pertama terdiri atas 5 kali pertemuan dan siklus ke II terdiri atas 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dinilai pada kemampuan membaca permulaan siswa adalah kesadaran fonologi, membaca suku kata, dan membaca kata. Hasil tes sebelum diberikan tindakan siswa hanya mampu dalam kesadaran fonologi dengan hasil tes mendapatkan hasil 33%. Setelah diberikan tindakan siklus I meningkat menjadi 66%, peningkatan tersebut terjadi pada kesadaran fonologi dan juga membaca suku kata. Dalam kemampuan membaca suku kata skor yang didapatkan siswa secara keseluruhan siswa mampu untuk menjawab 4 dari 10 soal membaca suku kata. Begitu pula pada akhir siklus II yang dimana siswa mengalami peningkatan menjadi 95% yang dimana untuk kesadaran fonologi dan dalam membaca suku kata siswa mampu untuk menjawab keseluruhan dari soal yang diberikan tetapi masih perlu ditingkatkan kembali dalam membaca katanya. Dengan demikian bahwa metode syllabic yang didukung dengan media buku kata mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan kata K – V – K – V siswa hambatan intelektual. **** This study aims to improve the ability to read K-V-K-V patterned words for students with mild intellectual disabilities in class V SLB Negeri 12 Jakarta through the syllabic method supported by word book media. The time of this research was carried out for approximately 6 months or one semester, namely between July and December 2024, with the research subject of class V mild intellectual disability students as many as 5 people. This research used classroom action research method with Kemmis and Mc Taggart research method. The research was conducted with several stages consisting of planning, action and observation, reflection. Some of these stages were carried out in 2 cycles. The first cycle consisted of 5 meetings and the second cycle consisted of 3 meetings. Data collection techniques were carried out with tests and observations. Data analysis was conducted using qualitative and quantitative data analysis. The results assessed in students' beginning reading skills are phonological awareness, reading syllables, and reading words. The test results before being given action students are only capable of phonological awareness with the test results getting 33%. After being given cycle I action, it increased to 66%, the increase occurred in phonological awareness and also reading syllables. In the ability to read syllables the score obtained by students as a whole students are able to answer 4 out of 10 syllable reading questions. Likewise, at the end of cycle II where students experienced an increase to 95% which is for phonological awareness and in reading syllables students are able to answer all of the questions given but still need to be improved again in reading the word. Thus, the syllabic method supported by word book media is able to improve the ability to read the beginning of the word K - V - K - V students with intellectual barriers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed.; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Nida Al-Haq .
Date Deposited: 21 Feb 2025 01:35
Last Modified: 21 Feb 2025 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53225

Actions (login required)

View Item View Item