STRATEGI BRANDING DAN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI DAN DAYA SAING SD NIZAMIA ANDALUSIA JAKARTA TIMUR DI ERA DIGITAL

PUJI ASTUTI, . (2025) STRATEGI BRANDING DAN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI DAN DAYA SAING SD NIZAMIA ANDALUSIA JAKARTA TIMUR DI ERA DIGITAL. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (3) (1)_compressed.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding dan marketing untuk meningkatkan reputasi dan daya saing SD Nizamia Andalusia Jakarta Timur di era digital. Strategi branding dan marketing yang efektif menjadi kunci dalam menciptakan reputasi yang baik sehingga meningkatkan daya saing sekolah. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan motode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan narasumber yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, admin sekolah serta wali murid. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Peneliti juga menggunakan uji keabsahan data atau triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Nizamia Andalusia mampu mengintegrasikan strategi branding dan marketing secara efektif sehingga mampu meningkatkan reputasi dan daya saing di era digital saat ini. Proses terbentuknya daya saing sekolah ini melibatkan strategi branding, marketing, dan reputasi sebagai faktor yang saling mendukung untuk menciptakan keunggulan yang kompetitif dalam memberikan layanan yang berkualitas. Strategi branding yang dilakukan dengan memperlihatkan keunggulan, nilai, dan keunikan yang dimiliki oleh sekolah yang menjadi nilai pembeda sehingga memiliki nilai jual sekolah yang tinggi. Strategi marketing dilakukan menggunakan WOM (Word of Mouth) dan untuk memaksimalkan prosesnya dilakukan bauran pemasaran/marketing mix 7p melalui pendekatan digital marketing sebagai alat promosi yang saling terkait dan dilakukan secara efektif oleh SD Nizamia Andalusia untuk mencapai tujuan sekolah. (*****) This study aims to analyze branding and marketing strategies to enhance the reputation and competitiveness of Nizamia Andalusia Primary School in the digital era. Effective branding and marketing strategies are key to building a strong reputation, thereby increasing the school's competitiveness. In this research, the researcher employs a qualitative approach using a case study method. Data collection techniques include observation, documentation, and in-depth interviews with key informants, such as the Principal, Vice Principal in charge of the curriculum, school administrators, and parents. Data analysis is conducted through data reduction, data presentation, and data verification. The researcher also applies data validity testing through source triangulation. The research findings indicate that Nizamia Andalusia Primary School successfully integrates branding and marketing strategies effectively, leading to an improved reputation and competitiveness in the current digital era. The school's competitive advantage is formed through the interplay of branding, marketing, and reputation strategies, which collectively contribute to delivering high-quality services. The branding strategy focuses on showcasing the school's strengths, values, and uniqueness, creating a distinctive identity that enhances its market value. The marketing strategy primarily relies on Word of Mouth (WOM), complemented by the 7P marketing mix, which is optimized through digital marketing as an interconnected and effective promotional tool. These strategies are effectively implemented by Nizamia Andalusia Primary School to achieve its institutional goals.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Teguh Trianung Djoko Susanto, M.M. ; 2). Dr. Heru Santosa, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 26536 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:31
Last Modified: 24 Feb 2025 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53299

Actions (login required)

View Item View Item