PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP NIAT KELUARGA DALAM MENGGUNAKAN BATIK BEKASI

MEUTIA YASMINE GUNADI, . (2025) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP NIAT KELUARGA DALAM MENGGUNAKAN BATIK BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy

Abstract

Niat Penggunaan Batik Bekasi di kalangan keluarga di Kota Bekasi masih belum optimal. Salah satu hal yang diduga memengaruhi niat penggunaan Batik Bekasi pada keluarga adalah bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap niat penggunaan Batik Bekasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif asosiatif dengan melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, yang kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran termasuk dalam kategori sedang, dan variabel niat penggunaan termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden belum memiliki Batik Bekasi. Akan tetapi, sebanyak 75% responden sudah mengetahui Batik Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan Batik Bekasi dengan hasil uji regresi 0.000 < 0.05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 22.8%. Dimensi people dan physical evidence memiliki penilaian tertinggi dari konsumen, sedangkan dimensi promotion membutuhkan peningkatan pada strategi promosi kepada konsumen. Promosi terkait Batik Bekasi membutuhkan penggalakan agar masyarakat sehingga meningkatkan niat penggunaan Batik Bekasi. Promosi dapat dilakukan dalam bentuk melakukan pameran ataupun promosi secara digital dengan iklan layanan masyarakat terkait Batik Bekasi. ***** The intention to use Batik Bekasi among families in Bekasi City is still not optimal. One of the things that is thought to influence the intention to use Batik Bekasi in families is the marketing mix. This study aims to analyze the effect of marketing mix on the intention to use Batik Bekasi. The approach used in this study is an associative quantitative method involving 100 respondents selected using purposive sampling technique. Data collection was carried out through distributing questionnaires, which were then analyzed using simple linear regression tests. The results showed that the marketing mix variable was in the medium category, and the usage intention variable was in the high category. The descriptive test results show that more than half of the respondents do not yet own a Batik Bekasi. However, 75% of respondents already know Batik Bekasi. The results showed that the marketing mix has a significant influence on the intention to use Batik Bekasi with a regression test result of 0.000 <0.05 and a coefficient of determination of 22.8%. The people and physical evidence dimensions have the highest ratings from consumers, while the promotion dimension requires an increase in promotional strategies to consumers. Promotion related to Batik Bekasi needs to be promoted so that the public will increase their intention to use Batik Bekasi. Promotion can be done in the form of conducting exhibitions or digital promotions with public service advertisements related to Batik Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reno Irwanto, S.TP., M.Si. ; 2). Hurriyyatun Kabbaro, S.Si., M.Si.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 26739 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:40
Last Modified: 25 Feb 2025 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53438

Actions (login required)

View Item View Item