Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Media Wordwall Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SDN Pasar Manggis 03 Jakarta

ALIYAH AYU MARWA, . (2025) Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Media Wordwall Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SDN Pasar Manggis 03 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf.pdf

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament yang dibantu dengan media Wordwall memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas IV di SDN Pasar Manggis 03 Jakarta, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Model TGT yang mengedepankan kolaborasi dan interaksi antar siswa terbukti mampu mengatasi masalah yang ada, yaitu pembelajaran yang terlalu berpusat pada guru yang membuat peserta didik cenderung pasif dan memiliki kepercayaan diri yang tergolong rendah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri peserta didik dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa yang awalnya hanya 66% meningkat menjadi 77% pada siklus I, dan kemudian mencapai 86% pada siklus II. Kuesioner yang mengukur kepercayaan diri siswa juga menunjukkan peningkatan dari 73% menjadi 85%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif, lebih berani bertanya, dan lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti peran elemen permainan dan turnamen dalam model TGT yang dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa.**** This study shows that the implementation of the cooperative learning model type Teams Games Tournament assisted by Wordwall media has a significant impact on improving the self-confidence of grade IV students at SDN Pasar Manggis 03 Jakarta, especially in the subject of Pancasila Education. The TGT model that emphasizes collaboration and interaction between students has proven to be able to overcome existing problems, namely learning that is too teacher-centered which makes students tend to be passive and have low self-confidence. This study was conducted in two cycles including planning, implementation, observation, and reflection. The results of the observation showed a significant increase in students' self-confidence from cycle I to cycle II. Student activity which was initially only 66% increased to 77% in cycle I, and then reached 86% in cycle II. The questionnaire measuring students' self-confidence also showed an increase from 73% to 85%. This shows that students become more active, more daring to ask questions, and more confident in answering questions asked by the teacher. In addition, this study also highlights the role of game and tournament elements in the TGT model that can increase student motivation and involvement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr Zaenal Rafli, M.Pd.; 2). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 26848 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2025 04:47
Last Modified: 03 Mar 2025 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54237

Actions (login required)

View Item View Item