ANANDITA FITRI AMALIA, . (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA KEPENDIDIKAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan dalam mengajar sebagai guru merupakan poin penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang pengaruh Praktik Keterampilan Mengajar, Keterampilan Dasar Mengajar, dan Efikasi Diri sebagai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Kependidikan di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner/angket yang disebar kepada sejumlah 172 sampel dan data sekunder menggunakan nilai Praktik Keterampilan Mengajar. Berdasarkan uji hipotesis (uji-t) terdapat hubungan positif antara keterampilan mengajar (PKM), keterampilan dasar mengajar, dan efikasi diri terhadap kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru. Artinya, peningkatan dalam ketiga aspek ini dapat berkontribusi signifikan terhadap persiapan dan kesiapan mahasiswa dalam menjalani profesi sebagai guru. Saran pengimplikasian dari penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan mampu menjaga wibawa sebagai guru dan mampu mengasah kreatifitas dalam mengajar dan mengembangkan media ajar. ***** Readiness to teach as a teacher is an important point that must be obtained by prospective teacher students. This study aims to examine the effect of Teaching Skills Practice, Basic Teaching Skills, and Self-Efficacy as Factors Affecting Readiness to Become Teachers of Education Students at the Faculty of Economics and Business, State University of Jakarta. The research method used is a quantitative approach method using primary and secondary data. Primary data collection techniques using questionnaires / surveys distributed to a total of 172 samples and secondary data using Teaching Skills Practice scores. Based on hypothesis testing (t-test), there is a positive relationship between teaching skills (PKM), basic teaching skills, and self-efficacy on students' readiness to become teachers. This means that improvement in these three aspects can significantly contribute to students' preparation and readiness for the teaching profession. The implication of this research is that students are expected to be able to maintain their authority as teachers, and be able to hone their creativity in teaching and developing teaching media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Anandita Fitri Amalia . |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 08:02 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 08:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |