MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT PADA SISWA KELAS V SDN KLENDER 21 PAGI

FARAH FADIAH IDZNI, . (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT PADA SISWA KELAS V SDN KLENDER 21 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ilmu pengetauan sosial melalui model pembelajaran REACT pada siswa kelas V SDN Klender 21 Pagi Jakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, tes evaluasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 31 siswa kelas VA SDN Klender 21 Pagi Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran REACT pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar muatan IPS pada siklus I ranah kognitif mencapai 52%, ranah afektif mencapai 58%, dan ranah psikomotorik mencapai 55%. Dan pada siklus II kognitif mencapai 84%, ranah afektif mencapai 90%, dan ranah psikomotorik mencapai 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). This study aims to determine the increase in learning outcomes of science social knowledge through the REACT learning model in class students V SDN Klender 21 Pagi Jakarta Academic Year 2019/2020. Which method used in this research is the classroom action research method (PTK) who adapted the Kemis and Mc. Taggart consisting of two cycles and each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. That instrument used is the: observation sheet of teacher and student activities, tests evaluation, and documentation. The subjects in this study consisted of 31 grade 5A students of SDN Klender 21 Pagi Jakarta. Research result shows that there is an increase in learning outcomes after the implementation of the REACT learning model in Science subjects Social Knowledge (IPS) is characterized by increasing results learn in cycle I and cycle II. Learning outcomes of social studies content in first cycle cognitive reached 52%, reaching 58% affective domain, and domains psychomotor reaches 55%. And in the second cycle cognitive reaches 84%, the affective domain reaches 90%, and the psychomotor domain reaches 84%. can be concluded that the learning outcomes of charge Sciences Social knowledge can be increased through learning models Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Keywords: REACT Method, Learning Outcomes, Social Science

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, ME. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1316 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2020 14:14
Last Modified: 13 Mar 2020 14:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5441

Actions (login required)

View Item View Item