MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TANJUNG BARAT 04 PAGI

YASINKAWATI PUTRI BAHAGIA, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TANJUNG BARAT 04 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik sekolah dasar dapat dikarenakan oleh adanya beberapa faktor yang berasal dari dalam diri maupun dari luar diri. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru, dan peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola kelas dan pembelajaran, serta respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran think pair share dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SD Negeri Tanjung Barat 04 Pagi tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah peserta didik yaitu 32 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian, yaitu lembar observasi, tes, lembar pengamatan, dan catatan lapangan. Data hasil belajar muatan IPAS pada siklus I ranah pengetahuan mencapai 25%, sikap 43,75%, dan keterampilan 37,50%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dan telah memenuhi kriteria keteracapaian yang ditetapkan dengan hasil belajar pengetahuan mencapai 81,25%, sikap 84,375%, dan keterampilan 78,125%. kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran think pair share dalam pembelajaran muatan IPAS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVA SDN Tanjung Barat 04 Pagi Jakarta Selatan sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran think pair share sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran muatan IPAS. ***** The low learning outcomes of elementary school students can be caused by several factors that come from within and from outside themselves. This class action research was conducted to determine the improvement of student learning outcomes, teacher activities, and students, the teacher's ability to manage class and learning, as well as students' responses to the application of the think pair share learning model in the learning process. This type of research is Classroom Action Research (PTK). The subjects in this study were students of class IVA of SD Negeri Tanjung Barat 04 Pagi in the 2024/2025 school year with a total of 32 students. Data collection instruments used in the study, namely observation sheets, tests, observation sheets, and field notes. Data on learning outcomes of IPAS content in cycle I in the realm of knowledge reached 25%, attitudes 43.75%, and skills 37.50%, then in cycle II experienced an increase and met the established achievement criteria with knowledge learning outcomes reaching 81.25%, attitudes 84.375%, and skills 78.125%. the conclusion of this study is the application of the think pair share learning model in learning IPAS content can improve the learning outcomes of IVA class students of SDN Tanjung Barat 04 Pagi South Jakarta so that teachers can use the think pair share learning model as an alternative to improve student learning outcomes in learning IPAS content.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27109 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2025 03:40
Last Modified: 04 Mar 2025 03:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54438

Actions (login required)

View Item View Item