NANANG BAIDOWI, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SDN SUDIMARA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (771kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan mengetahui keefektifan model pembelajaran Token Waktu pada kelas IV Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sudimara Timur yang berjumlah 42 orang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes angket. Hasil penelitian dengan penerapan model Time Token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV. Pada siklus I diperoleh skor dari angket kepercayaan diri sebesar 71%. Kemudian pada siklus II perolehan skor dari angket kepercayaan diri sebesar 83% dan pada siklus III perolehan skor dari angket kepercayaan diri sebesar 90%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus III. Dengan demikian pembelajaran melalui model Time Token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Bab 1. Mengenal lingkungan sekitar, materi keberagaman suku, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, mengenal lingkungan sekitar dan mendalami lingkungan tempat saya tinggal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Time Token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Sudimara Timur. ***** This research aims to increase students' learning activity in learning Pancasila Education and determine the effectiveness of the Time Token learning model in class IV elementary school. The sample in this research was 42 class IV students at SDN Sudimara Timur. The type of method used in this research is Classroom Action Research (PTK) proposed by Kemmis and Mc. Taggart consists of four stages, namely, planning, implementation, observation and reflection stages. The data collection techniques used were observation, interviews and questionnaire tests. The results of research by applying the Time Token model can increase the learning activity of class IV students. In cycle I, the score obtained from the learning activity questionnaire was 71%. Then in cycle II, the score obtained from the learning activity questionnaire was 83% and in cycle III, the score obtained from the learning activity questionnaire was 90%. This shows an increase in students' learning activity from cycle I to cycle III. In this way, learning through the Time Token model can increase students' learning activity in Chapter 1. Getting to know the surrounding environment, material on ethnic, social and cultural diversity in Indonesia, getting to know the surrounding environment and exploring the environment where I live. Therefore, it can be concluded that the use of the Time Token model can increase the learning activity of class IV students at SDN Sudimara Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.; 2). Indah Wardatussa'idah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 27163 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 06:48 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 06:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |