MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) KELAS IV SDN 11 CIRACAS JAKARTA TIMUR

ILLA FIRDA PRAMUDITA SALSABILA, . (2025) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) KELAS IV SDN 11 CIRACAS JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar melalui penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Model ini dipilih karena mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian siswa kelas IVB SDN 11 Ciracas Pagi yang terdiri dari 31 siswa dengan rincian 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengukuran pemahaman konsep IPA dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 66,25% dengan rata-rata nilai 74. Pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 86,5% dengan rata-rata nilai melebihi 74. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa. Oleh karena itu, model POE direkomendasikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. / This research aims to increase understanding of Natural Science (IPA) concepts in fourth grade elementary school students through the application of the POE (Predict, Observe, Explain) learning model. This model was chosen because it is able to actively involve students in the learning process, so that it can improve their learning outcomes. The type of research used is classroom action research using the Kemmis & Mc Taggart model. This classroom action research (PTK) was carried out in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection stages. Data was collected through concept understanding tests, observation and documentation. The research subjects were class IVB students at SDN 11 Ciracas Pagi consisting of 31 students with details of 19 male students and 11 female students. Data collection techniques use measurement sheets for understanding science concepts and documentation. The research results showed a significant increase in students' conceptual understanding. In cycle I, the percentage of student learning completeness reached 66.25% with an average score of 74. In cycle II, the percentage of completeness increased to 86.5% with an average score exceeding 74. This increase shows that the POE learning model is effective in improving students' understanding of science concepts. Therefore, the POE model is recommended as a learning approach to improve the quality of science learning in elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Illa Firda Pramudita Salsabila .
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:25
Last Modified: 05 Mar 2025 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54595

Actions (login required)

View Item View Item