STUDI INTERAKSI SOSIAL SISWA DI KELAS III SDN KELAPA DUA WETAN 02 CIRACAS JAKARTA TIMUR

SRI WULANDARI, . (2025) STUDI INTERAKSI SOSIAL SISWA DI KELAS III SDN KELAPA DUA WETAN 02 CIRACAS JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi proses interaksi sosial siswa kelas III di SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan dalam berinteraksi sosial berhubungan erat dengan rendahnya kemampuan siswa dalam mengelola tekanan sosial. Studi ini juga mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah, khususnya di kelas III SDN Kelapa Dua Wetan 02, memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap interaksi sosial siswa. Hal ini di pengaruhi oleh faktor identifikasi yang mana ini menjadi faktor paling dominan yang mempengaruhi interaksi sosial antar siswa. Kesulitan interaksi sosial berkaitan dengan tekanan dari upaya menyamai prestasi teman, serta rendahnya keterlibatan simpati, yang mengurangi partisipasi siswa dalam melakukan kegiatan kerja kelompok sehingga mempengaruhi prestasi akademis dan kecerdasan sosial siswa tersebut rendah. (****) This research aims to determine the dominant factors influencing the social interaction process of class III students at SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas, East Jakarta. This research uses a case study method with a qualitative approach. Data collection was carried out using observation, interviews and documentation techniques. The research results show that difficulties in social interaction are closely related to students' low ability to manage social pressure. This study also reveals that the school environment, especially in class III at SDN Kelapa Dua Wetan 02, has a very important influence on students' social interactions. This is influenced by the identification factor, which is the most dominant factor influencing social interactions between students. Difficulty in social interaction is related to the pressure of trying to match the achievements of friends, as well as low involvement in sympathy, which reduces student participation in group work activities, thus affecting the student's academic achievement and low social intelligence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 27062 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:43
Last Modified: 05 Mar 2025 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54620

Actions (login required)

View Item View Item