PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI JAKARTA TIMUR

MUHAMMAD BACHRYAN IHSAN, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan gadget dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Jakarta Timur serta bagaimana motivasi belajar dapat berlaku sebagai moderator dalam hubungan tersebut. Metode penelitian yang diberlakukan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau pada penelitian ini merupakan siswa dan siswi kelas XI Akuntansi dari SMKN 46, SMKN 48, dan SMKN 50 Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 140 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi moderasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan gadget berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap hasil belajar. Sedangkan perhatian orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dalam menggunakan variabel moderasi terlihat motivasi belajar memoderasi secara positif pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar. Sedangkan motivasi belajar tidak memoderasi pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar. Dengan demikian siswa dapat mempertimbangkan penggunaan gadget dan orang tua dapat memberikan perhatian yang lebih kepada siswa agar hasil belajar yang dicapai baik serta siswa dapat meningkatkan motivasi belajar agar tidak kecanduan dalam penggunaan gadget. ***** This study aims to examine the influence of gadget use and parental attention on the learning outcomes of accounting computers of grade XI students of Accounting State Vocational School in East Jakarta and how learning motivation can be applied as a moderator in the relationship. The research method applied is a survey method with a quantitative approach. The population in this study were students of class XI Accounting from SMKN 46, SMKN 48, and SMKN 50 Jakarta. The sample used was 140 people using the proportional random sampling technique. This study uses moderation regression analysis. This study shows the results that the use of gadgets has a negative and significant effect on learning outcomes. Meanwhile, parental attention has a positive and significant effect on learning outcomes. In using moderation variables, it can be seen that learning motivation positively moderates the influence of gadget use on learning outcomes. Meanwhile, learning motivation does not moderate the influence between parental attention and learning outcomes. Thus, students can consider the use of gadgets and parents can pay more attention to students so that the learning outcomes achieved are good and students can increase their motivation to learn so that they are not addicted to the use of gadgets.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd., M.M. ; 2). Prof. Dr. Mardi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 27256 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 23:52
Last Modified: 05 Mar 2025 23:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54807

Actions (login required)

View Item View Item