UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN FLIP CHART BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SDN KEBON BARU 09 JAKARTA

RASSYAH RAFFANA FAZIRAH, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN FLIP CHART BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SDN KEBON BARU 09 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN (63) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPA melalui flip chart berbasis Project-Based Learning (PjBL). Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, penelitian ini melibatkan proses siklus dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi untuk mengatasi masalah di kelas secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan skor berpikir kreatif siswa meningkat dari 64,2% pada Siklus I menjadi 89,2% pada Siklus III, sementara tindakan guru dan aktivitas siswa secara konsisten mencapai 100% pada Siklus II. PjBL dengan flip chart mendorong partisipasi aktif, kolaborasi, dan pengembangan keterampilan kritis dalam lingkungan yang berpusat pada siswa. Metode ini mendorong diskusi kelompok, berbagi ide, dan penyelesaian proyek, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Terlepas dari tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru, penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan ini sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sains dan keterampilan berpikir kreatif siswa. ***** This study aims to enhance fifth-grade students' creative thinking skills in science learning through flip charts based on Project-Based Learning (PjBL). Using the Classroom Action Research (CAR) method with the Kemmis and McTaggart model, it involves a cyclic process of planning, action, observation, and reflection to address classroom issues systematically. The results showed significant improvement, with students' creative thinking scores increasing from 64.2% in Cycle I to 89.2% in Cycle III, while teacher actions and student activities consistently reached 100% by Cycle II. PjBL with flip charts fosters active participation, collaboration, and critical skill development in a student-centered environment. It encourages group discussions, idea sharing, and project completion, making learning more engaging and effective. Despite challenges like resource limitations and teacher readiness, the study concludes that this approach is highly effective in improving both the quality of science learning and students’ creative thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd.,M. Si; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rassyah Raffana Fazirah .
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:52
Last Modified: 06 Mar 2025 02:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54852

Actions (login required)

View Item View Item