EUFRASIA P.S. DOPO, . (2025) FUNGSI MUSIK GO LABA DALAM UPACARA ADAT KA SA’O DI KABUPATEN NGADA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3 Metodologi.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 Hasil Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Glosarium.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana fungsi musik Go Laba dalam Upacara adat Ka Sa’o di Kabupaten Ngada. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dekriptif-kualitatif dengan pendekatan etnomusikologi. Lokasi penelitian dilakukan di Kampung adat Tololela, Desa Manubhara, Kecamatan Inerie, Kabupaten Ngada. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data atau verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber yang diperoleh dari pakar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa musik Go Laba memiliki beragam fungsi dalam setiap tahapan upacara adat Ka Sa’o. Berdasarkan teori fungsi musik dari Alan P. Merriam, musik Go Laba berperan sebagai elemen penting dalam proses pembuatan Watu Ulu, yang berfungsi sebagai sarana komunikasi spiritual dengan leluhur. Selain itu, musik ini mengiringi Sa Ngaza untuk memperkuat hubungan kekerabatan serta tarian Ja’i yang menumbuhkan rasa solidaritas dan kegembiraan. Musik Go Laba juga digunakan sebagai penanda dimulainya upacara, alat komunikasi tradisional, dan penjaga kesakralan ritual. Lebih dari itu, musik ini merepresentasikan identitas budaya masyarakat Ngada, yang diwariskan secara turun-temurun sebagai bagian dari pelestarian tradisi. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur musik tradisional dan menawarkan inspirasi dalam pendidikan musik, khususnya dalam memanfaatkan elemen tradisional sebagai bagian dari pembelajaran. Kata Kunci : Fungsi Musik, Musik Go Laba, Upacara adat, Upacara Ka Sa’o, Tradisi Ngada ***** The purpose of this research is to find out and describe how Go Laba music functions in the Ka Sa'o traditional ceremony in Ngada Regency. The research method used in this study is a descriptive-qualitative research method with an ethnomusicology approach. The location of the research was carried out in the Tololela traditional village, Manubhara Village, Inerie District, Ngada Regency. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out through data reduction, data presentation, and data conclusions or verification. The data validity technique used is triangulation of sources obtained from experts. The results of the study revealed that Go Laba music has various functions in each stage of the Ka Sa'o traditional ceremony. Based on the theory of music function from Alan P. Merriam, Go Laba music plays an important role as an element in the process of making Watu Ulu, which functions as a means of spiritual communication with ancestors. In addition, this music accompanies Sa Ngaza to strengthen kinship ties and the Ja'i dance which fosters a sense of solidarity and joy. Go Laba music is also used as a marker for the start of a ceremony, a traditional communication tool, and a guardian of the sacredness of the ritual. Moreover, this music represents the cultural identity of the Ngada people, which is passed down from generation to generation as part of preserving tradition. This research makes a significant contribution to the literature on traditional music and offers inspiration in music education, especially in utilizing traditional elements as part of learning. Keywords: Function of Music, Go Laba Music, Traditional Ceremony, Ka Sa'o Ceremony, Ngada Tradition
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Saryanto, M.Sn. 2). Dani Nur Saputra, S.Pd., M.Sn. |
Subjects: | Seni Musik > Musik Seni Musik > Literatur Musik Seni Musik > Jenis, Aliran Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Eufrasia P.S. Dopo . |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:31 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |