NABILAH SADIDA, . (2025) PEMBELAJARAN TARI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENARI UNTUK ANAK USIA DINI (STUDI KUALITATIF DI KB-TK LABSCHOOL JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran terkait pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menari di KB-TK Labschool Jakarta Timur. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler menari dilaksanakan setiap hari Selasa untuk kelompok A dan hari Rabu untuk kelompok B. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan merencanakan materi tarian yang akan dibelajarkan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler menari dilakukan dalam alur yang konsisten mulai dari sesi pembukaan, pemanasan/olah tubuh, kegiatan inti, kegiatan tambahan sampai sesi penutupan. Terdapat 3 ragam model pembelajaran tari, yaitu Professional Model, Educational Model, dan Midway Model. Bentuk pembelajaran tari di KB-TK Labschool dibelajarkan pada anak dalam kegiatan ekstrakurikuler menari dengan metode demonstrasi dan latihan menari yang lebih dekat dengan pembelajaran tari Profesional Model, dalam rangka melatih keterampilan motorik dan sosial emosional anak, menambah wawasan anak terkait seni tari, serta mempersiapkan anak untuk melakukan pementasan tari. Lembaga perlu mempertimbangkan penyesuaian bentuk pembelajaran tari Educational Model, yang merupakan model pembelajaran tari yang sebaiknya digunakan untuk membelajarkan tari pada anak usia dini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga untuk menyesuaikan pembelajaran tari yang lebih sesuai dengan karakteristik anak usia dini dan dapat mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. ***** This study aims to provide an overview of the implementation of extracurricular dance activities at KB-TK Labschool Jakarta Timur. This research employs a qualitative descriptive method. Data collection was conducted through interviews, observations, and documentation, while data validation was carried out using triangulation techniques. The findings indicate that extracurricular dance activities are held every Tuesday for Group A and every Wednesday for Group B. The implementation begins with planning the dance material to be taught. The activities follow a consistent sequence, starting from the opening session, body warm-up or exercises, core activities, additional activities, and ending with a closing session. There are three dance learning models: the Professional Model, the Educational Model, and the Midway Model. At KB-TK Labschool, dance learning in extracurricular activities is delivered through demonstration and dance practice methods, which align more closely with the Professional Model. This approach aims to develop children's motor and socio-emotional skills, expand their knowledge of dance, and prepare them for dance performances. The institution should consider adapting the dance learning approach to the Educational Model, which is the recommended model for teaching dance to young children. The findings of this study are expected to serve as a reference for institutions in adjusting dance learning methods to better suit the characteristics of early childhood and support children’s development holistically.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Indah Juniasih, M.Pd.; 2). Niken Pratiwi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nabilah Sadida . |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:32 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |