MENINGKATKAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS V SD

HANDHIKA DHARMAWAN, . (2020) MENINGKATKAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf

Download (123kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

MENINGKATKAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian Tindakan Kelas Sekolah Dasar Negeri Jatinegara Kaum 03 Jakarta Timur) (2020) Handhika Dharmawan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan gerak dasar menendang bola yaitu menggunakan kaki bagian dalam melalui pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Jatinegara Kaum 03 Jakarta Timur pada bulan Juli 2019 sampai bulan Januari 2020, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I gerak dasar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam 72 % dan pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual mendapatkan persentase 78%. Presentase perolehan data pada siklus II menunjukkan kenaikan gerak dasar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam yaitu 84% dan pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual mengalami kenaikan mendapatkan persentase 94%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan gerak dasar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan gerak dasar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam di kelas V Sekolah Dasar Negeri Jatinegara Kaum 03 Jakarta Timur. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Gerak Dasar Menendang Bola, Pendekatan Pembelajaran kontekstual. iii IMPROVE BASIC MOTION KICK THE BALL BY APPROACHING CONTEXTUAL LEARNING IN THE SUBJECT OF PHYSICAL EDUCATION CLASS V ELEMENTARY SCHOOL (Classroom Action Research Study at Jatinegara Kaum 03 East of Jakarta Elementary School) (2020) Handhika Dharmawan ABSTRACT This study aims to obtain data on improving the basic motion of kicking a ball that is using inner leg through a contextual learning approach in physical education subjects. The study was conducted in class V of the Jatingera Kaum State 03 Elementary School, East Jakarta from July 2019 to January 2020, using a classroom action research method consting of 2 cycles with 4 activites, namely planning, action, obsevation, reflection. The results showed the percentage of data acquisiton in the first cycle of basic motion kicking a ball using the inner leg 72% and monitoring of learning acton with contextual learning approach gained a percentage of 78%. The percentage of data acquisition in the second cycle shows an increase in the basic motion of kicking a ball using the inner leg which is 84% and the monitoring of learning actions with a contextual learning approach has increased to get a percentage of 94%. From the results of the study, it can be stated that using a contextual learning approach can improve the basic motion of kicking a ball using the inside legs in class V of Jatinegara Kaum State Elementary School 03 East Jakarta. Keyword: Classroom Action Research, Basic Ball Kicking Motion, Contextual Learning Approch

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. DR. Edwita, M.Pd 2. Drs. Julius Sagita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1566 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 15:41
Last Modified: 10 Mar 2020 15:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item