FITRIANA AMANDA, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ENGKLEK POLA (PENELITIAN TINDAK KELAS, DI TAMAN KANAK-KANAK AL IKHLAS SORKAM KECAMATAN CAKUNG KOTA JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (252kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (403kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (298kB) |
|
Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (447kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (263kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (340kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini 4-5 tahun melalui kegiatan permainan engklek pola. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al Ikhlas Sorkam, Jalan Perumahan Taman Buaran Indah IV, Kel. Penggilingan, Kec. Cakung, Provinsi DKI Jakarta. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak kelompok A yang berjumlah 7 orang, yaitu terdiri dari 4 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakn pada dua siklus, masing-masing siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi serta pedoman penilaian kemampuan berpikir logis. Hasil penelitian ini dengan permainan engklek pola menunjukkan bahwa pemerolehan data pada siklus I adalah 73,38% dan siklus II mencapai 96,42%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan engklek pola dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4-5 tahun di TK Al Ikhlas Sorkam. Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa permainan engklek pola dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis. Anak dapat mengenal warna dan ukuran, mengklasifikasi benda bersadarkan warna dan ukuran, mengurutkan benda berdasarkan ukuran, dan membuat pola sederhana. Implikasi penelitian ini yaitu bahwa permainan engklek pola dapat dijadikan alternatif dalam kegiatan di kelas dan untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir logis anak dengan pelaksanaan yang bervariasi dan tidak membosankan. The purpose of this research is to determine and improve logical thinking ability early childhood 4-5 years through the activities of the game pattern engklek. This research was conducted at Al Ikhlas Sorkam Kindergarten, Taman Buaran Indah IV Housing Road, Kel. Penggilingan, Kec. Cakung, DKI Jakarta. The subjects in this study consisted of group A children, amounting to 7 people, consisting of 4 boys and 3 girls. The method used in this study is a classroom action research method which is carried out in two cycles, each cycle containing planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques are through observation in the form of field notes, interview notes, and documentation notes and guidelines for assessing logical thinking abilities. The results of this study with the game of pattern engklek shows that the acquisition of data in the first cycle was 73.38% and the second cycle reached 96.42%. These results indicate that playing the pattern engklek can improve the ability to think logically children aged 4-5 years at Kindergarten Al Ikhlas Sorkam. The results of qualitative data analysis prove that playing the cricket pattern can improve logical thinking ability. Children can recognize colors and sizes, classify objects based on colors and sizes, sort objects by size, and make simple patterns. The implication of this research is that the play of the pattern engklek can be used as an alternative in classroom activities and to help improve children's logical thinking ability with varied and not boring implementation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 616 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 16:17 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 16:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5680 |
Actions (login required)
View Item |