RANDY WIRAYUDHA, . (2025) PERKEMBANGAN REPATRIASI BENDA-BENDA BERSEJARAH ASAL INDONESIA DARI BELANDA PERIODE 1949 - 2024 DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN SEJARAH. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (858kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Selain mengeksploitasi sumber kekayaan alam, Belanda juga seringkali menjarah benda-benda pusaka, seni, dan budaya sebagai simbol penaklukkan. Bukan hal mudah untuk memulangkannya demi memulihkan identitas dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia sekaligus jadi sumber pengetahuan untuk membangun kesadaran sejarah generasi yang akan datang. Oleh karenanya penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi seperti apa tantangan repatriasinya dari masa ke masa mulai periode 1949-2024. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode historis guna mengkaji, menganalisa, dan memahami tantangan dan proses repatriasinya secara kritis dan sistematis. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan modalitas atau prinsip dan tata cara repatriasi benda-bendanya dalam beberapa periode berbeda. Seperti dalam periode penjajakan selepas masa kemerdekaan, pemulangan benda-benda bersejarah pertama di masa Orde Baru, hingga proses-proses baru yang terjadi pada agenda Repatriasi 2023 dan 2024, di mana benda-benda itu tidak sekadar dikembalikan namun juga menghasilkan produksi pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi edukasi sejarah publik melainkan juga membuka wawasan baru yang berkaitan dengan beberapa lingkup materi pembelajaran sejarah di lingkungan sekolah. ***** Apart from exploiting natural resources, the Dutch also frequently looted heirlooms, art, and cultural objects as symbol of conquest. It is not an easy effort to repatriate those historical objects in order to restore identity and pride as an Indonesian as well as to become a source of knowledge to strengthen historical awareness for the future generations in Indonesia. Therefore, this research aims to explore the challenges and processes of the repatriation from 1949 to 2024. This study uses historical methods to critically and sistematically examine, analyze, and understand the challenges of the repatriation efforts. This research shows that there are differences of manners, priciples, and procedures of the repatration in several different periods. Such as in the post-independence period, the New Order Era and the new manners during the repatriation agenda in 2023 and 2024. That these historical objects in fact returned from the Netherlands with the production of knowledge that was not only beneficial for public history education but to discover new insights related to several areas of history learning materials in the schools.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Dr. M. Fakhruddin, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sejarah > Kumpulan Peristiwa Tertentu Ilmu Sejarah > Arkeologi Ilmu Sejarah > Kronologis Sejarah |
Divisions: | FIS > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Randy Wirayudha . |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |