PARTISIPASI POLITIK GEN Z DALAM MEDIA SOSIAL X (STUDI KUALITATIF PADA PENGIKUT AKUN X @aniesbubble)

ALYA HAERUNNISA, . (2025) PARTISIPASI POLITIK GEN Z DALAM MEDIA SOSIAL X (STUDI KUALITATIF PADA PENGIKUT AKUN X @aniesbubble). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (412kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
File DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
File LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan media sosial X sebagai sarana partisipasi politik dan menemukan bentuk-bentuk partisipasi politik di media sosial X. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas pada akun media sosial X para informan, wawancara dilakukan secara langsung kepada para informan yaitu tiga orang pengguna media sosial X yang menjadi pengikut akun X @aniesbubble serta satu orang pengelola akun X @aniesbubble. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga April 2025. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan media sosial X sebagai sarana partisipasi politik oleh gen Z antara lain sebagai surveillance yaitu mencari informasi-informasi terkait politik, personal identity yaitu sebagai medium presentasi diri yang menggambarkan kebebasan berekspresi sesuai dengan keyakinan politiknya, dan personal relationship yaitu sebagai wadah berdiskusi dengan pengguna lain. Sedangkan bentuk partisipasi politiknya berupa kampanye digital yang diwujudkan melalui tindakan menyukai, mengunggah ulang, dan membagikan suatu unggahan serta mendukung gerakan sosial digital melalui penandatanganan petisi daring. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motif penggunaan media menjadi dasar atas tindakan partisipasi politik gen Z di media sosial yaitu sebagai surveillance, personal identity, dan personal relationship dengan kampanye digital sebagai bentuk partisipasi politiknya. Karena tujuan yang berbeda akan menghasilkan variasi bentuk partisipasi politik yang berbeda juga. ***** This study aims to identify the motives for using social media X as a means of political participation and to discover the forms of political participation on X social media. The research uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection for this study was conducted through observation, interviews, and documentation study. Observation involved observing the activities on the informants’ X social media accounts. Interviews were conducted directly with the informants, comprising three social media X users who follow the @aniesbubble X account, and an owner of the @aniesbubble X account. The research findings indicate that the motives for using social media X as a means of political participation by gen Z include surveillance as an action of seeking information related to politics, personal identity as a medium for self-presentation that reflects freedom of expression in line with their political beliefs, and personal relationship as a platform for discussing with other users. Meanwhile, the form of political participation takes the shape of digital campaigns, which are manifested through actions such as liking, reposting, and sharing posts, as well as supporting digital social movements by signing online petitions. The conclusion of this study is that the motives for media use serve as the basis for gen Z’s political participation on social media such as surveillance, personal identity, and personal relationship with digital campaigning as a primarly form of political participation. This is because different purposes will lead to different forms of political participation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Politik > Ilmu Politik (umum)
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Alya Haerunnisa .
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:43
Last Modified: 04 Aug 2025 04:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57462

Actions (login required)

View Item View Item