HANIFAH RIA SAPUTRI, . (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI MEDIASI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dan menganalisis mediasi motivasi belajar sebagai mediasi dukungan sosial orang tua dan konsep diri prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran angket dan dokumentasi nilai raport. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas X di SMK Negeri 3 Jakarta tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 215 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Teknik analisis data menggunakan software aplikasi Smart PLS versi 4.0.9 2024. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Dukungan Sosial Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa, (2) Konsep Diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa, (3) Dukungan Sosial Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa, (4) Konsep Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar, (5) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa, (6) Motivasi belajar tidak memediasi pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Belajar, (7) Motivasi belajar memediasi pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar. **** This study examines and analyzes the mediation of learning motivation as a mediation of parental social support and self-concept of student learning achievement at SMK Negeri 3 Jakarta. This study uses a data collection method through the distribution of questionnaires and documentation of report scores. The population studied was 215 class X students at SMK Negeri 3 Jakarta in the 2024/2025 academic year. The data analysis method used in this study is the Structural Equation Model (SEM) using Partial Least Square (PLS). Data analysis techniques using Smart PLS application software version 4.0.9 2024. The results of the study are as follows: (1) Parental Social Support has a positive and significant effect on student Learning Achievement, (2) Self-Concept does not have a positive and significant effect on student Learning Achievement, (3) Parental Social Support has a positive and significant effect on student Learning Motivation, (4) Self-Concept has a positive and significant effect on Learning Motivation, (5) Learning Motivation has a positive and significant effect on student Learning Achievement, (6) Learning motivation does not mediate the effect of Parental Social Support on Learning Achievement, (7) Learning motivation mediates the effect of Self-Concept on Learning Achievement.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M. ; 2). Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Hanifah Ria Saputri . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 05:24 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 05:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |