IQBAL FADHILLA, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis TI dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen di SMAN 2 Depok. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis IT dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar ekonomi antara siswa dengan keterampilan mengajar guru yang tinggi dan rendah, (3) tidak ada interaksi signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis IT dan keterampilan mengajar guru dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis IT khususnya yang lebih menarik dan dapat diterima lebih baik oleh para siswa, serta mudah dioperasikan. ***** This study aims to examine the influence of the use of IT-based learning media and teachers' teaching skills on economics learning outcomes. The method used is quantitative with an experimental research design at SMAN 2 Depok. This study uses data analysis techniques for validity, reliability, normality, homogeneity, and two-way ANOVA tests. The result of the study indicate that (1) there is a difference in economic learning outcomes between students who use IT-based learning media and students who use conventional learning, (2) there is a significant difference in economic learning outcomes between students with high and low teacher teaching skills, (3) there is no significant interaction between the use of IT-based learning media and teacher teaching skills in influencing students' economic learning outcomes. Further research is recommended to develop IT-based learning media, especially those that are more interesting and acceptable to students, as well as easy to operate.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd. ; 2). Riswandi, M.Pd. E. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Iqbal Fadhilla . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |