HANNY TRI MEILIANA, . (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL, MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMK NEGERI DI WILAYAH JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital, motivasi belajar, dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri wilayah Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan metode kuesioner (angket) terhadap sampel sebanyak 122 peserta didik kelas XI kompetensi keahlian akuntansi yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. (3) Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. (4) Literasi digital, motivasi belajar, dan gaya belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran literasi digital dalam membekali peserta didik dengan keterampilan menghadapi informasi di era digital, motivasi belajar sebagai pendorong internal yang memengaruhi proses berpikir mendalam, serta gaya belajar yang sesuai sebagai faktor penunjang dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai dasar dalam merancang strategi belajar yang sesuai dengan gaya dan karakteristik masing-masing, memanfaatkan teknologi secara optimal, serta membangun motivasi belajar secara mandiri. Bagi tenaga pendidik, temuan ini dapat dijadikan acuan dalam menyusun metode pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar peserta didik, serta mendorong pengembangan berpikir kritis melalui pendekatan yang lebih variatif dan menantang. Bagi sekolah, hasil penelitian ini memberikan landasan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, melalui penyediaan fasilitas digital, pelatihan guru, dan sistem pembelajaran yang adaptif serta relevan dengan perkembangan zaman. ***** This study aims to examine the influence of digital literacy, learning motivation, and learning styles on students' critical thinking skills at public Vocational High Schools (SMK) in Central Jakarta. This research employed a quantitative approach. The data used included both primary and secondary sources. Primary data were collected through questionnaires distributed to a sample of 122 eleventh-grade students majoring in accounting, selected using proportional random sampling. The data were analyzed using multiple linear regression. The results showed that (1) digital literacy has a positive and significant effect on critical thinking skills, (2) learning motivation has a positive and significant effect on critical thinking skills, (3) learning styles have a positive and significant effect on critical thinking skills, and (4) digital literacy, learning motivation, and learning styles simultaneously have a positive and significant effect on critical thinking skills. These findings highlight the importance of digital literacy in equipping students with the ability to navigate information in the digital era, learning motivation as an internal driver influencing deep thinking processes, and appropriate learning styles as supporting factors for achieving optimal learning outcomes. Practically, these results can serve as a basis for students to design learning strategies that align with their individual styles and characteristics, utilize technology effectively, and build self-driven learning motivation. For educators, the findings provide a reference for developing teaching methods that accommodate students’ needs and learning styles, and for fostering critical thinking through more varied and challenging approaches. For schools, the results offer a foundation for creating supportive learning environments by providing digital facilities, teacher training, and adaptive, up-to-date learning systems.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Ati Sumiati, M.M |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Hanny Tri Meiliana . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:16 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |