DEA FITRIA, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (892kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget serta kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 25 Jakarta. Penelitiannya dilakukan dengan pendekatan kuantitatif memakai metode survei. Datanya dikumpulkan dengan kuesionernya yang dibagikan memakai Google Form, kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis membuktikan bahwasanya: penggunaan gadget berdampak positif dan signifikan pada hasil belajar siswa, kedisiplinan belajar berdampak positif dan signifikan pada hasil belajar, secara simultan, penggunaan gadget dan kedisiplinan belajar punya dampak signifikan pada hasil belajar siswa. Temuan ini menegaskan bahwasanya gadget bisa menjadi alat pendukung pembelajaran yang efektif bila dipakai dengan bijak, serta kedisiplinan belajar yaitu kunci penting dalam meraih keberhasilan akademik. Oleh sebab itu, sekolah dan orang tua perlu membimbing siswa supaya mampu memanfaatkan teknolgi secara bijak serta membangun sikap disiplin dalam belajar. Kata Kunci: Penggunaan gadget, kedisiplinan belajar, hasil belajar, siswa SMK ***** This study aims to determine the effect of gadget use and learning discipline on the learning outcomes of tenth-grade students at SMKN 25 Jakarta. This study was conducted using a quantitative approach with a survey method. Data was collected through a questionnaire distributed via Google Forms and analyzed using multiple linear regression. The analysis results indicate that: gadget usage has a positive and significant effect on academic performance, study discipline has a positive and significant effect on academic performance, simultaneously, gadget usage and study discipline have a significant effect on academic performance. These findings confirm that gadgets can be an effective learning tool if used wisely, and academic discipline is a key factor in achieving academic success. Therefore, schools and parents need to guide students to use technology wisely and cultivate a disciplined attitude toward learning. Keywords: Gadget use, study discipline, learning outcomes, vocational high school students
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2). Dr. Christian Wiradendi Wolor, S.E., M.M. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Dea Fitria . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:12 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |