PENGARUH MINAT BELAJAR, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 8 JAKARTA SELATAN

ENJANG ASRI ANINGSIH, . (2025) PENGARUH MINAT BELAJAR, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 8 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh minat belajar, kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 8 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket (kuesioner) dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Program Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan lembaga dengan total populasi sebanyak 108 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 85 responden. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa (1) Minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, (2) Kedisiplinan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, (3) Kemandirian belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dan (4) Secara simultan variabel minat belajar, kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar, kedisiplinan, dan kemandirian belajar secara bersama-sama dapat memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang mampu menumbuhkan minat dan kemandirian siswa, serta menanamkan pentingnya disiplin sejak dini, sehingga dapat membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang optimal dalam proses pembelajaran Akuntansi Keuangan. Kata Kunci: Minat Belajar, Kedisiplinan belajar, Kemandirian belajar, Hasil belajar*****This study was conducted to determine the extent to which learning interest, learning discipline, and learning independence influence the learning outcomes of students in the Financial Accounting subject at SMK Negeri 8 Jakarta Selatan. This study used a quantitative approach with data collection methods in the form of questionnaires and documentation. The population in this study consisted of all students in the 11th grade of the Accounting and Finance Competency Program at the institution, with a total population of 108 students. The sampling technique used simple random sampling with 85 respondents. Based on the analysis results, it was found that (1) Learning interest has a significant effect on student learning outcomes, (2) Learning discipline has a significant effect on student learning outcomes, (3) Learning independence has a significant effect on student learning outcomes, and (4) Simultaneously the variables of learning interest, learning discipline and learning independence have a significant effect on student learning outcomes in Financial Accounting subjects. The implications of these findings indicate that increasing interest in learning, discipline, and learning independence together can make a positive contribution to learning outcomes. Therefore, teachers are expected to create a learning atmosphere that is able to foster student interest and independence, as well as instill the importance of discipline from an early age, so as to help students achieve optimal learning outcomes in the Financial Accounting learning process. Keywords: Learning Interest, Learning Discipline, Learning Independence, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak. ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Enjang Asri Aningsih .
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:28
Last Modified: 06 Aug 2025 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57963

Actions (login required)

View Item View Item