ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21 (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 236 Jakarta)

NURAIDA REZEKI FADHILAH, . (2025) ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21 (Studi Deskriptif pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 236 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran di era abad 21 dan mengidentifikasi hambatan yang dialami dalam pemanfaatannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 236 Jakarta tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 214 peserta didik. Teknik pengambilan subjek menggunakan simple random sampling dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 139 peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi peserta didik terhadap penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran secara umum adalah positif. Pada aspek kognitif, peserta didik merasa smartphone membantu mereka menjadi lebih kreatif dalam menemukan ide dan menyalurkannya melalui berbagai aplikasi dan platform digital. Pada aspek afektif, mereka merasa nyaman dan menganggap pembelajaran menjadi lebih mudah dengan bantuan smartphone. Sementara itu, pada aspek konatif, penggunaan smartphone mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam berdiskusi, bertanya, dan menyelesaikan tugas. 2) Hambatan utama terletak pada aspek teknis, yaitu tingginya konsumsi kuota internet dan daya baterai smartphone yang cepat habis. Ada pula keterbatasan stop kontak untuk pengisian daya. Selain itu, terdapat hambatan sosial dan lingkungan, seperti risiko kerusakan atau hilangnya perangkat akibat candaan teman, serta kesalahpahaman dengan guru. Gangguan notifikasi dan panggilan telepon selama pembelajaran juga kerap mengganggu konsentrasi peserta didik. Temuan ini mengindikasikan perlunya pengelolaan yang tepat, dukungan infrastruktur, dan edukasi penggunaan smartphone secara bijak dari pihak sekolah untuk mengoptimalkan manfaatnya dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Persepsi Peserta Didik, Smartphone, Media Pembelajaran, Abad 21 ***** This study aims to describe students' perceptions of smartphone use as a learning medium in the 21st century era and to identify the obstacles encountered in its utilization. The research method employed in this study is descriptive, with data collection techniques including questionnaires, interviews, and literature review. The population of this study comprised all 214 ninth-grade students of SMP Negeri 236 Jakarta in the 2024/2025 academic year. Subject selection utilized simple random sampling, resulting in a sample of 139 students. Data analysis was performed descriptively. The research findings indicate that: 1) Students' perceptions of smartphone use as a learning medium are generally positive. In the cognitive aspect, students feel that smartphones help them become more creative in finding ideas and channeling them through various applications and digital platforms. In the affective aspect, they feel comfortable and perceive learning as easier with the aid of smartphones. Meanwhile, in the conative aspect, smartphone use encourages active student engagement in discussions, asking questions, and completing assignments. 2) The main obstacles lie in technical aspects, namely high internet data consumption and rapid smartphone battery drain. There is also a limitation of power outlets for charging. Furthermore, social and environmental barriers exist, such as the risk of device damage or loss due to peer pranks, and misunderstandings with teachers. Notification and phone call disruptions during learning also frequently disturb students' concentration. These findings suggest the need for proper management, infrastructure support, and education on wise smartphone use from the school to optimize its benefits in the learning process. Keywords: Student Perception, Smartphone, Learning Media, 21st Century.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Nandi Kurniawan, , S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Nuraida Rezeki Fadhilah .
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:48
Last Modified: 05 Aug 2025 07:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58051

Actions (login required)

View Item View Item