GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INOVASI DIRI DI SMK NEGERI 22 JAKARTA

ASTRI DAMAIHATI, . (2025) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INOVASI DIRI DI SMK NEGERI 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan efikasi diri terhadap inovasi guru di SMK Negeri 22 Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMKN 22 Jakarta sejumlah 52 orang, yang dijadikan sampel menggunakan nonprobability sampling melalui teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan IMB SPSS Statistics versi 31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi guru dengan nilai t hitung 5,903 lebih besar dari nilai t tabel 2,940. (2) Efikasi diri juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi guru dengan nilai t hitung 4,710 lebih besar dari t tabel 2,940. (3) Secara simultan, memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan nilai F hitung 39,032 lebih besar dari F table 3,187. Kedua variabel independent tersebut memberikan kontribusi sebesar 61,4% terhadap variabel inovasi guru. Temuan ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang inspiratif serta tingkat kepercayaan diri guru terhadap kemampuannya masing-masing merupakan faktor penting dalam mendorong peningkatan perilaku inovatif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penguatan efikasi diri guru dan penerapan kepemimpinan transformasional di lingkungan sekolah menjadi strategi yang relevan untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan. Kata Kunci: Guru, Inovasi, Efikasi Diri, Kepemimpinan Transformasional ***** This study aims to analyze the influence of transformational leadership style and self-efficacy on teacher innovation at SMK Negeri 22 Jakarta. A quantitative approach was employed using a survey method and multiple linear regression analysis. The population consisted of all 52 teachers at SMKN 22 Jakarta, who were also used as the research sample through nonprobability sampling with a saturated sampling technique. Data collection was conducted through questionnaires that had been tested for validity and reliability. Data analysis was performed using IBM SPSS Statistics version 31. The results of the study indicate that: (1) transformational leadership style has a positive and significant effect on teacher innovation, with a t-value of 5.903, which is greater than the critical t-value of 2.940; (2) self-efficacy also has a positive and significant effect on teacher innovation, with a t-value of 4.710, exceeding the critical t-value of 2.940; and (3) simultaneously, both variables have a positive and significant effect, with an F-value of 39.032, greater than the F critical value of 3.187. These independent variables together contribute 61.4% to the variation in teacher innovation. These findings suggest that an inspirational school principal’s leadership style and teachers’ confidence in their own capabilities are key factors in promoting innovative behavior in teaching and learning. Therefore, strengthening teacher self efficacy and implementing transformational leadership within the school environment are relevant strategies to enhance the quality of education. Keywords: Teachers, Innovation, Self-Efficacy, Transformational Leadership

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ati Sumiati, S.Pd., M.M. ; 2) Prof. Dr. Puji Wahono, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Astri Damaihati .
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:18
Last Modified: 06 Aug 2025 02:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58067

Actions (login required)

View Item View Item