MUHAMMAD ABDUL AZIZ, . (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 275 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai Implementasi Model Pembelajaran Case Base Learning dalam Meningkatkan Keterampilan berpikir kritis Peserta Didik kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 275 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 275 Jakarta pada kelas VIII - C yang dilakukan selama satu bulan dari bulan April sampai dengan Mei 2025. Pemilihan sekolah merupakan hasil dari pra penelitian yang dilakukan peneliti sebelumnya dan didapatkan bahwa peserta didik memang membutuhkan keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis harus dimiliki oleh peserta didik agar mereka dapat memecahkan masalah individu atau kelompok dengan baik dan benar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian untuk mengkaji permasalahan yang dialami guru di dalam kelas untuk diselesaikan demi mendapatkan metode pengajaran yang lebih efisien. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan Post Test. Teknik penerapan siklus di dalam kelas dilakukan dengan model yang dijelaskan oleh Kemmis dan Taggart. Teknik pengambilan sampel berupa Purposif yang berdasarkan kriteria kelas yang memang membutuhkan penerapan model pembelajaran tersebut di kelas. Modul dalam pembelajaran mengikuti teori dari kerucut pengalaman Edgar Dale berupa membaca buku dengan tingkat ingatan 10%, melihat video pembelajaran dengan tingkat ingatan 30%, dan mempresentasikan dengan tingkat ingatan 70%. Berdasarkan Hasil Observasi dan Wawancara kepada pihak sekolah ditemukan bahwa kelas VIII khususnya di kelas VIII – C ini memiliki nilai yang relatif lebih rendah dari kelas VIII – A dan VIII – B, sehingga peneliti menerapkan model pembelajaran Case Based Learning di kelas tersebut untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas tersebut. Hasil data pada Siklus I didapatkan skor sebesar 67%, kemudian pada Siklus II didapatkan skor sebesar 81%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi model pembelajaran Case Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas VIII - C dengan mengalami 2 siklus penelitian menggunakan soal Post Test berupa soal HOTS (Higher Other Thinking Skill) dengan nilai yang mencapai KKTP 78, dan telah mencapai Indeks Peningkatan Hasil (IPH) sebesar 80%, serta membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Case Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Penelitian Tindakan Kelas. ****** This study aims to obtain data regarding the implementation of the Case-Based Learning (CBL) model in improving the critical thinking skills of Grade VIII students in Social Studies at SMP Negeri 275 Jakarta. The study was conducted at SMP Negeri 275 Jakarta in Class VIII-C over the course of one month, from April to May 2025. The school selection was based on preliminary research conducted by the researcher, which revealed that students indeed needed to develop critical thinking skills. Critical thinking is essential for students so they can solve individual or group problems effectively and appropriately. The research method used is Classroom Action Research (CAR), which is aimed at addressing problems faced by teachers in the classroom to find more effective teaching methods. Data collection techniques included observation, interviews, and post-tests. The classroom cycle implementation technique followed the model developed by Kemmis and Taggart. The sampling technique used was purposive sampling, based on the criteria of selecting a class that needed the application of this learning model. The learning modules used were based on Edgar Dale’s Cone of Experience theory, which includes reading books with a 10% retention rate, watching instructional videos with a 30% retention rate, and presenting with a 70% retention rate. Based on the results of observations and interviews with the school, it was found that Class VIII—especially Class VIII-C—had relatively lower academic scores compared to Classes VIII-A and VIII-B. Therefore, the researcher implemented the Case-Based Learning model in this class to examine students’ critical thinking skills. The results showed that in Cycle I, students achieved a score of 67%, and in Cycle II, a score of 81% was obtained. The findings conclude that the implementation of the Case-Based Learning model can improve the critical thinking skills of Class VIII-C students, as evidenced by two research cycles using HOTS (Higher Order Thinking Skills) post-test questions. Students reached the minimum mastery criteria (KKTP) of 78 and achieved a Learning Outcome Improvement Index (IPH) of 80%, while also becoming more active in discussions to solve problems. Keywords: Case-Based Learning Model, Critical Thinking Skills, Classroom Action Research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Dr. Shahibah Yuliani, S.Sos.,M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Muhammad Abdul Aziz . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:44 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |