PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI n PERAWATAN WAJAH BERMINYAK SECARA MANUAL DI SMP TERBUKA CAKUNG 01

PINGKI FEBRI YANTO, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI n PERAWATAN WAJAH BERMINYAK SECARA MANUAL DI SMP TERBUKA CAKUNG 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan waktu dan media pembelajaran dalam materi perawatan kulit wajah manual di SMP Terbuka Cakung 01 menyebabkan kesulitan dalam proses belajar. Dari hasil analisis kebutuhan, 100% responden setuju jika dilakukan pengembangan modul elektronik interaktif perawatan wajah berminyak secara manual berbasis flipbook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronik agar dapat menjadi informasi serta referensi untuk peserta didik dan khalayak umum untuk meningkatkan keahliannya dalam perawatan wajah berminyak secara manual. Metode penelitian ini menggunakan mix method, yaitu pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran yaitu modul elektronik yang termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan. Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui proses uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta uji praktikalitas peserta didik. Pada penilaian ahli materi I pada tahap I sebesar 85,71% dan pada tahap II sebesar 94,64%. Kemudian, hasil uji validasi ahli materi II sebesar 96,42% sehingga masuk kedalam kategori "Sangat Layak". Sedangkan, skor yang diperoleh dari uji validasi ahli media sebesar 97,19% sehingga masuk kedalam kategori "Sangat Layak". Pada tahap uji praktikalitas yang dilakukan pada siswa kelas VIII A/Terbuka di SMP Terbuka Cakung 01, dimana terdapat hasil uji coba One to One sebesar 93,8% dan uji coba Small Group sebesar 90% yang masuk kedalam kategori "Sangat Praktis". Dengan demikian, modul elektronik interaktif perawatan wajah berminyak secara manual berbasis flipbook dapat digunakan sebagai media pembelajaran.***** The limitations of time and learning media in the subject of manual facial skin care at SMP Terbuka Cakung 01 have led to difficulties in the learning process. Based on the needs analysis, 100% of respondents agreed on the development of an interactive electronic module on oily facial skin care in a flipbook format. The purpose of this study is to develop an electronic module that can serve as a source of information and reference for students and the general public to enhance their skills in manual oily facial skin care. This study uses a mixed-methods approach, combining quantitative and qualitative data collection and analysis. The research focuses on the development of learning media in the form of an electronic module, categorized as Research and Development (R&D), and employs a specific development model. The development process includes validation by material experts and media experts, as well as practicality testing by students. The material expert I scored 85.71% in the first stage and 94,62% in the second stage. The second material expert gave a score of 96,42%, placing the module in the "Highly Feasible" category. Meanwhile, the media expert validation resulted in a score of 97,19%, also categorized as "Highly Feasible." Practicality testing on Grade VIII A/Open Class students at SMP Terbuka Cakung 01 showed One-to-One trial results of 93.8% and Small Group trials of 90%, both categorized as "Highly Practical." Thus, the interactive electronic module on manual oily facial skin care in a flipbook format is feasible to be used as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) dr. Elvyra Yulia, Sp.Ak ; 2) Dr. Dwi Atmanto, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Pingki Febri Yanto .
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:39
Last Modified: 07 Aug 2025 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58178

Actions (login required)

View Item View Item