PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (UGATA) ULAR TANGGA TAJWID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI TPQ BUSTANUL QUR’AN BEKASI

RISMA ALKAROMAH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (UGATA) ULAR TANGGA TAJWID UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI TPQ BUSTANUL QUR’AN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Lampiran 3 MB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi tajwid di TPQ Bustanul Qur’an Bekasi. (2) Merancang model media pembelajaran Ular Tangga Tajwid (3) Mengembangkan produk berupa media pembelajaran Ular Tangga Tajwid (4) Melakukan implementasi media pembelajaran Ular Tangga Tajwid untuk meningkatkan minat belajar tajwid di TPQ Bustanul Qur’an (5) Mengevaluasi kendala, solusi serta kelemahan dan kelebihan yang terdapat pada media pembelajaran Ular Tangga Tajwid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri atas ahli materi, ahli media, ahli bahasa, serta guru dan peserta didik TPQ Bustanul Qur’an Bekasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket validasi, angket respon pendidik, dan angket minat belajar siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap analisis, ditemukan bahwa diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa terhadap tajwid. Tahap desain melibatkan penyusunan alur pembuatan media. Pada tahap pengembangan, media divalidasi oleh para ahli dengan hasil: ahli materi 92%, ahli media 88%, dan ahli bahasa 100%. Tahap implementasi menunjukkan respon positif dari pendidik sebesar 96%. Hasil angket menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dari 60,75% (kategori rendah) menjadi 82,71% (kategori tinggi) setelah menggunakan media. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ular Tangga Tajwid (UGATA) sangat layak dan cukup efektif untuk digunakan dalam meningkatkan minat belajar tajwid peserta didik di TPQ Bustanul Qur’an Bekasi Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga Tajwid, Minat Belajar. ***** This research aims to: (1) Analyze the need for learning media for tajwid material at TPQ Bustanul Qur’an Bekasi; (2) Design a model of the Ular Tangga Tajwid (UGATA) learning media; (3) Develop a product in the form of Ular Tangga Tajwid learning media; (4) Implement the media to improve students’ interest in learning tajwid at TPQ Bustanul Qur’an; and (5) Evaluate the challenges, solutions, as well as the strengths and weaknesses of the media. This is a Research and Development (R&D) study using the ADDIE model, which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Research subjects include material experts, media experts, language experts, as well as teachers and students of TPQ Bustanul Qur’an Bekasi. Data collection techniques include interviews, observations, validation questionnaires, teacher response questionnaires, student interest questionnaires. The data were analyzed both qualitatively and quantitatively. The analysis stage revealed the need for interactive and engaging learning media to address low student interest in tajwid. The design phase involved structuring the media development process. During development, expert validation results showed: material expert 92%, media expert 88%, and language expert 100%. The implementation stage received a positive teacher response of 96%. Student interest improved from 60.75% (low) to 82.71% (high). Thus, the Ular Tangga Tajwid (UGATA) media is considered feasible and reasonably effective for enhancing student interest in tajwid learning at TPQ Bustanul Qur’an Bekasi. Keywords: Learning Media, Tajwid Snake and Ladder, Learning Interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc. M.A. ; 2). Mushlihin, S.Pd.I., M.A.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risma Alkaromah .
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:57
Last Modified: 08 Aug 2025 01:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58267

Actions (login required)

View Item View Item