BINTANG ADITYA PRADANA, . (2025) PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERAMPILAN DIGITAL SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (850kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Studi ini ditujukan dalam menganalisis pengaruh fasilitas pembelajaran dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterampilan digital siswa di SMK Negeri 40 Jakarta Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang dipakai yakni survei melalui kuesioner menjadi instrumen penelitian. Data yang dikumpulkan bersifat kuantitatif dan dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Populasi penelitian terdiri dari peserta didik SMK Negeri 40 Jakarta sebanyak 643 siswa. Dari populasi tersebut, sampel yang diambil sebanyak 108 siswa. Pada studi ini, skala likert dipakai dalam pengukuran variabel, serta analisis yang diterapkan ialah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dalam menguji hipotesis. Temuan penelitian ditentukan bisa menghadirkan pengetahuan terkait pentingnya fasilitas pembelajaran dan teknologi informasi dalam meningkatkan keterampilan digital siswa. Di samping itu, studi ini juga memberikan saran-saran untuk perbaikan kurikulum dan sumber daya pembelajaran di SMK. Temuan studi ini memperlihatkan adanya pengaruh positif serta signifikan dari variabel Fasilitas Pembelajaran pada Keterampilan Digital Siswa. Selain itu, variabel Pemanfaatan Teknologi Informasi juga menunjukkan pengaruh positif serta signifikan pada Keterampilan Digital Siswa. Secara bersamaan, Fasilitas Pembelajaran serta Pemanfaatan Teknologi Informasi mempunyai pengaruh positif serta signifikan secara simultan pada Keterampilan Digital Siswa. ***** This study aimed to analyze the effect of learning facilities and information technology utilization on students' digital skills at SMK Negeri 40 East Jakarta. To achieve this goal, the method used is a survey through a questionnaire as a research instrument. The data collected is quantitative and analyzed using the SmartPLS version 4.0 application. The study population consisted of 643 students of SMK Negeri 40 Jakarta. From this population, a sample of 108 students was taken. In this study, Likert scale was used in measuring variables, and the analysis applied was Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) in testing hypotheses. The findings of the study were determined to provide knowledge regarding the importance of learning facilities and information technology in improving students' digital skills. In addition, this study also provides suggestions for the improvement of curriculum and learning resources in vocational schools. The findings of this study show a positive and significant influence of the Learning Facilities variable on Students' Digital Skills. In addition, the Information Technology Utilization variable also shows a positive and significant influence on students' digital skills. Simultaneously, Learning Facilities and Information Technology Utilization have a positive and significant influence on Students' Digital Skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Rr Sri Kartikowati, MA., M.Bus ; 2) Ervina Maulida, S.Pd., MBA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Bintang Aditya Pradana . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:53 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |