HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN SISWA KELAS X TKL SMKN 4 JAKARTA

ADAM PRIGANTAR, . (2025) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN SISWA KELAS X TKL SMKN 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kemampuan kolaborasi siswa dengan hasil belajar dasar-dasar ketenagalistrikan siswa kelas X TKL SMKN 4 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 56 siswa yang dipilih secara acak dari kelas X TKL. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, lembar observasi, dan tes pengetahuan kognitif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson product moment dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan kolaborasi dengan hasil belajar dasar-dasar ketenagalistrikan (Sig. < 0,05) dengan nilai kontribusi variabel motivasi belajar dan kemampuan kolaborasi secara bersama-sama sebesar 41,1%. Siswa yang memiliki motivasi belajar dan kemampuan dalam berkolaborasi yang tinggi cenderung memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan motivasi belajar dan kemampuan kolaborasi yang rendah. ***** This research aims to determine the relationship between learning motivation and students collaboration skills on learning outcomes in the basics of electricity subject among tenth-grade electrical engineering students at SMKN 4 Jakarta. The research method used was quantitative with an associative approach. The sample consisted of 56 students randomly selected from the tenth-grade electrical engineering class. The instruments used were questionnaires, observation sheets, and cognitive knowledge tests. The data were analyzed using Pearson product- moment correlation and multiple correlation tests. The results showed that there was a positive and significant relationship between learning motivation and collaboration skills on learning outcomes in the basics of electricity course (Sig. < 0.05), with the combined contribution of learning motivation and collaboration skills variables amounting to 41.1%. Students with higher motivation and collaboration skills tended to have better learning outcomes compared to those with lower motivation and collaboration skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., M.M.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Adam Prigantar .
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:09
Last Modified: 07 Aug 2025 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58365

Actions (login required)

View Item View Item